Menjaga Indonesia

Isi Lowongan Perangkat Desa, 4 Desa di Kecamatan Pogalan Trenggalek Gelar Seleksi

HABARI.ID,TRENGGALEK I Pemerintah Kecamatan Pogalan, Trenggalek, menggelar ujian seleksi pengisian lowongan Perangkat Desa (Perades) secara serentak, Minggu (17/01/2021).

Ujian seleksi pengisian perangkat desa tersebut digelar di SMK Negeri 1 Pogalan. Ada 37 peserta dari 4 Desa yang ikut dalam ujian seleksi yang akan mengisi 4 formasi jabatan.

Ke 4 desa yang menggelar ujian seleksi pengisian kekosongan perangkat desa tersebut adalah Desa Pogalan, Desa Gembleb, Desa Ngetal, dan Desa Ngadirejo.

Kamto salah satu tim panitia pengisian lowongan perangkat desa di desa Pogalan menyampaikan, untuk formasi lowongan di desa Pogalan sebanyak satu (1) formasi yaitu Kaur Keuangan. Sebanyak 8 peserta yang ikut seleksi untuk mengisi jabatan tersebut.

“Semoga dengan adanya Perangkat Desa yang baru nanti dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Kamto.

Sementara itu kepala Desa Pogalan, Suparni menyampaikan, tugas Kepala Desa dalam hal ini sebatas menfasilitasi terbentuknya panitia pengisian lowongan perangkat Desa.

“Kami masih menunggu hasil dari panitia. Setelah itu akan ada penunjukkan dan pelantikan,” ucapnya.

Suparni juga berharap siapapun yang mendapat nilai tertinggi dan mengisi lowongan jabatan yang baru ini, dapat bekerjasama dengan seluruh perangkat Desa serta dapat mengikuti apa yang menjadi tugasnya.

“Karena ada petunjuk khusus dan tupoksi bagi perangkat yang baru. Mudah-mudahan nanti dengan adanya tenaga yang baru dan masih muda …,”

“Dapat bekerja dengan semangat gotong royong. Dan saling membantu demi kemajuan dan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat khususnya Desa Pogalan,” harap Suparni.

Perangkat Desa
Ekspresi salah satu peserta peraih nilai tertinggi pada ujian seleksi.[foto_habari.id]
Adapun formasi lowongan dan jumlah peserta ujian dari masing-masing desa yaitu, untuk Desa Pogalan, formasi lowongan Kaur Keuangan dengan nilai tertinggi 98,3.

Kemudian untuk Desa Gembleb, Formasi  lowongan Kasi Pelayanan, 14 peserta dengan nilai tertinggi 87.

Selanjutnya untuk Desa Ngadirejo, Formasi lowongan adalah Sekretaris Desa. Ada 4 peserta yang ikut dengan nilai tertinggi 97,5.

Untuk Desa Ngetal formasi lowongan adalah Kaur Perencanaa, 11 peserta dengan nilai tertinggi 87,25.

Dari pantuan awak media ini, suasana pelaksanaan Seleksi Ujian Perangkat Desa di Kecamatan Pogalan berlangsung lancar dan kondusif.

Tampak aparat dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP, serta Muspika Kecamatan Pogalan, melakukan pengamanan dan pengawasan jalannya ujian.

Ujian Seleksi Sesuai Ketentuan dan Mekanisme

Ujian seleksi ini adalah untuk mengisi kekosongan jabatan di desa. Hal yang menjadi penyebab harus ada pengisian, karena adanya mutasi antar jabatan atau perangkat desa sebelumnya berhalangan tetap.

Pelaksanaan seleksi pengisian perangkat desa, sesuai dengan ketentuan mekanisme yang ada. Jika dalam 1 kecamatan terdapat lebih dari 1 desa yang melakukan pengisian ini, maka ujian seleksinya dilaksanakan secara bersama di tingkat Kecamatan.(Sar/habari.id)