Menjaga Indonesia

IKM Daerah Butuh Pendampingan Pemda

HABARI.ID I IKM (Industri Kecil Menengah) di Gorontalo menjurut Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo Muhammad Nasir Majid, membutuhkan pendampingan dari Pemda (Pemerintah Daerah).

Pendampingan dari pemda untuk IKM yang dimaksud Aleg dari Fraksi Partai Gerindra ini, baik dalam hal pembuatan kemasan sampai dengan pemasaran produk IKM.

“Dari temuan kami di lapangan saat menggelar kunjungan kerja atau monitoring, tidak sedikit IKM di daerah masih membutuhkan pendampingan …”

“Karena banyak hal kendala yang mereka hadapi, ketika produk mereka siap dipasarkan. Seperti pembuatan kemasan sampai dengan pemasaran,” ujar Nasir.

Melalui RDP (Rapat Dengar Pendapat) Kamis (02/07/2020) yang digelar Komisi II, dirinya berharap Diskumperindag bisa memfasilitasi pelaku IKM daerah, untuk masuk dalam program Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Daerah Gorontalo Utara sangat banyak pelaku IKM yang produktif, bahkan yang mendominasi itu dari kalangan muda …”

“Melalui forum resmi ini, saya berharap Pemerintah Provinsi Gorontalo selain bisa memberikan pendampingan, juga dapat memasukan mereka pada program daerah,” pinta Nasir.

Hal ini menurutnya sangat penting, karena IKM memiliki peranan penting dalam peningkatan perekonomian daerah, selain itu bisa menjadi sektor penunjang di bidang pariwisata.

“IKM tidak hanya membantu daerah meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi bisa membantu daerah dari bidang pariwisata …”

“Contoh, jika semakin banyak daerah memiliki produk IKM, maka berpotensi menarik perharian wisatawan untuk berkunjung lagi ke Gorontalo, untuk berbelanja di daerah,” jelas Nasir.(bink/habari.id).