Menjaga Indonesia

Gorontalo Harus Ada Koperasi Digital

HABARI.ID I Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo mendorong Pemerintah Provinsi Gorontalo, melahirkan koperasi digital di daerah. Dukungan tersebut diungkap Ketua Komisi II Hj. Espin Tulie, SE. M.SI, pada RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan Diskumperindag Provinsi Gorontalo Kamis (02/07/2020).

Pentingnya pembentukan koperasi digital, mengingat perkembangan zaman yang semakin canggih, dan koperasi sebagai sektor penunjang perekonomian daerah.

“Sampai dengan sekarang ini saya belum pernah mendengar adanya koperasi digital di Gorontalo, maka dari itu kami dari Komisi II mendorong Diskumperindag Provinsi Gorontalo untuk membentuknya melalui koperasi yang sudah ada,” ujar Espin.

Dia jelaskan, zaman telah menuju ke era digital tak dipungkiri organisasi bisnis yang sudah bergerak sejak abad 20 lalu, pun harus beralih ke arah digital atau disebut koperasi digital. Berbeda dengan koperasi konvensional, yang hanya bergerak di bidang ekonomi.

Keuntungan Koperasi digital, selain bergerak di bidang ekonomi namun juga teknologi. Koperasi digital juga bisa memfokuskan kegiatannya, pada tiga bidang yaitu DNA (Device, Network dan Application).

“Artinya, jika di Gorontalo ada koperasi digital, maka selain bergerak di peningkata perekonomian masyarakat, koperasi ini bisa bergerak pada bidang lain …”

“Contoh dalam aplikasi koperasi digital, bisa menyediakan pasar bagi pelaku UKM daerah untuk mempromosikan produk mereka …”

“Tidak hanya itu, proses transaksinya pun akan semakin mudah, hanya bisa melalui digital antara pelaku koperasi dengan masyarakat peminjam dana,” terang Espin.

Senada di tambahkan Wakil Ketua Komisi II H. Usman Tahir Rajak, bahwa dirinya juga sebagai salah satu pengelola koperasi di Gorontalo, sangat setuju dengan dukungan yang disampaikan Ketua Komisi II.

“Sampai dengan sekarang ini dimata masyarakat umum, citra koperasi itu sangat dibawah. Saya sangat mengharapak instansi terkait bisa mengangkat citra koperasi, agar setara dengan lembaga lain …”

“Salah satu caranya melahirkan koperasi digital, yang tidak hanya memudahkan masyarakat, tetapi akan meningkatkan kinerja dari koperasi itu sendiri …”

“Apalagi koperasi ini adalah sektor yang menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat di daerah,” pungkas Usman.(bink/habari.id).