Menjaga Indonesia

Hindari Kontaminasi Covid-19, Tenaga Medis Tetap Butuh APD

HABARI.ID I Eskalasi perebakan Covid-19 terus ditekan. Kewaspadaan dari seluruh elemen yang berperan aktif dalam penanganan Covid-19 — terlebih tenaga medis — tetap dibutuhkan. Dengan tetap menggunakan APD (alat pelindung diri) agar tak terkontaminasi, tenaga medis akan terus melakukan indentifikasi setiap pendatang atau warga yang masuk di wilayah Gorontalo.

“Gunakan APD (alat pelindung diri) yang baru diserahkan ini untuk melindungi diri Anda, dan maksimalkan pemanfaatannya untuk mengidentifikasi setiap warga yang baru masuk di wilayah kita (kabupaten Gorontalo),” kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada penyerahan 42 pcs APD di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Senin (13/04/2020).

Nelson juga meminta kepada tenaga medis untuk melakukan uji rapid test terhadap warga pendatang atau warga yang baru masuk wilayah kabupaten Gorontalo.

“Penggunaan rapid test akan sangat bermanfaat dalam mendeteksi virus Corona. Dari semua rapid test yang sudah digunakan, Alhamdulillah belum ada yang ditemukan positif,” kata Bupati.

Untuk menunjang tugas-tugas paramedis dan dokter yang tampil di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 in, Nelson mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan segala yang dibutuhkan.

“Kita telah memproyeksikan semua yang dibutuhkan tenaga medis dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 ini,” kata Nelson.

tenaga medis
Bupati Gorontalo saat memberi arahan pada penyerahan APD di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo.[foto_istimewa]

Bupati menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk membuat standar pelayanan, penanganan dan pencegahan Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan.

“Mulai dari standar pelayanan di Puskesmas sampai dengan mekanisme rujukan ke rumah sakit, harus jelas. Begitu pula dengan standar penanganan, sangat dibutuhkan agar tenaga medis tidak ada yang terkontaminasi virus Corona dan pasien bisa tertangani dengan baik,” kata Nelson.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Roni Sampir mengatakan, saat ini sudah sekitar 200 set APD yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo, tetapi baru 42 set yang dibagikan ke seluruh Puskesmas di kabupaten Gorontalo.

APD yang akan dibagikan untuk seluruh puskesmas yang ada di wilayah kabupaten Gorontalo itu, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Gorontalo kepada Kepala Puskesmas Tibawa, Hendra Tuna.(sodiq/habari.id)