Menjaga Indonesia

30 Ribu Rapid Test Disiapkan Pemprov

HABARI.ID I 30 ribu rapid test sudah disiapkan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Alat uji pendeteksi virus Corona ini siap dibagikan ke masing-masing GTPP di setiap Kabupaten dan Kota.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjelaskan penambahan alat tes diagnostik cepat (rapid diagnostic test) ini dilakukan sebagai langkah sigap dan antisipasi kemungkinan bertambahnya jumlah orang yang akan di cek melalui alat deteksi virus Corona.

“Kita sudah miliki dan sudah terima sebanyak 30 ribu pcs. Ini akan digunakan sesuai kebutuhan,” ungkap Rusli Habibie, Senin (13/04/2020).

Dengan adanya pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di Gorontalo, kemungkinan persebaran tetap ada. Ini juga yang menjadi salah satu alasan hingga perlu ada penambahan.

“Alat ini juga kita peruntukan untuk tenaga medis, mengingat mereka juga telah berinteraksi dengan yang positif,” ungkap Rusli Habibie.

Ditanyakan soal opsi pemerintah melakukan rapid test massal, Gubernur menjelaskan pihaknya sementara melakukan kajian dan pertimbangan. Sebab menurutnya untuk melaksanakan rapid test massal itu butuh kit dalam jumlah besar.

“Kita pasti akan mengarah ke rapid test massal itu, tapi belum sekarang. Semua masih dipersiapkan,” ungkap Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.(dwi/habari.id)