Menjaga Indonesia

Hasil Contact Tracking Tim Medis, 16 Orang Positif Corona!

HABARI.ID I Dari hasil contact tracking yang dilakukan tim medis yang diikuti dengan pemeriksaan PCR, 16 orang dinyatakan positif Corona. 16 orang yang dinyatakan positif tersebut, 14 diantaranya adalah warga Kota Gorontalo. Sisanya dua orang berasal dari wilayah Kabupaten Gorontalo.

Kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 dr. Triyanto Bialangi, Rabu (20/05/2020), 16 pasien baru tersebut adalah hasil contact tracking tim medis kepada orang yang memiliki riwayat pernah melakukan kontak dengan pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19.

Contact Tracking dilakukan sebagai upaya melacak persebaran Covid-19.

16 pasien positif Corona hasil contact tracking ini, didominasi warga Kota Gorontalo, Kecamatan Kota Timur. Pasien 29 berinisial HL wanita (46 tahun) warga Kelurahan Moodu, yang dirujuk ke RSAS Kota Gorontalo Sabtu (16/05/20) pekan lalu.

Pasien 30 inisial ASD seorang petugas kesehatan RSAS warga Desa Luwoo, Kecamatan Telaga Jaya, menginap di Hotel Damhil karena bertugas di ruang isolasi.

Selanjutnya pasien 31 lelaki usia 56 tahun bersinisial SA, warga Kelurahan Ipilo, Pasien 32 inisial ARU remaja 17 tahun asal Kelurahan Padebuolo, Kecamatan Kota Timur.

“Pasien 32 ini merupakan anak dari pasien 22, yang merupakan hasil contact tracking dan hasil PCR Senin (18/05/20) bersama beberapa orang lainnya yang dinyatakan positif,” ujar Triyanto.

Pasien 33 inisial MSU, perempuan usia 24 tahun dari kelurahan yang sama. Pasien 34 inisial MS, perempuan usia 12 tahun, Kelurahan Padebuolo.

Pasien 35 inisial IU perempuan usia 33 tahun asal Kelurahan Padebuolo, Pasien 36 inisial AH pria usia 26 tahun warga Kelurahan Ipilo.

Pasien 37 inisial AS laki-laki 43 tahun Kelurahan Padebuolo, pasien 38 inisial REN laki-laki usia 19 tahun, pasien 39 inisial VS perempuan usia 48 tahun.

Pasien 40 inisial SYH perempuan usia 33 tahun, masing-masing berasal dari Kelurahan Padebuolo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Pasien 41 inisial SK perempuan 15 tahun masih dari Kelurahan Padebuolo, demikian pula dengan Pasien 42 inisial MB, perempuan usia 61 tahun dari Kecamatan Kota Timur.

Pasien 43 unisial HP Laki-laki usia 66 tahun dari Kelurahan Ipilo, Kota Timur. terkahir pasien 44 inisial WN Perempuan usia 37 tahun dari Desa Pentadio, Kecamatan Telaga.

“Rata-rata pasien asal Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, memiliki hubungan dengan pasien 22 dan pasien 28, ada merupakan ponakan, tetangga dan sempat berkontak langsung dengan pasien 22,” terang Triyanto.

Berbeda dengan 2 pasien lainnya yang berasal Kabupaten Gorontalo, yang satunya petugas medis di RSAS Kota Gorontalo, serta pasien yang satunya lagi rujukan dari RS MM Dunda.

Disamping itu dirinya menyampaikan, di hari yang sama pasien 21 berinisial AD usia 37 tahun asal Kecamatan Tibawa, dinyatakan sembuh. Pasien ini yang sebelumnya punya riwayat perjalanan dari Sukabumi ke Gorontalo.

“Hasil test sampel swab ketiga BPOM hasilnya negatif, sehingga dinyatakan sembuh. Sampai dengan sekarang total sudah 44 kasus Covid-19, dengan rincian 16 sembuh, 26 dirawat dan 2 meninggal dunia,” tutup Triyanto.(50diq/habari.id)