Haryono Suyono: Bisa Jadi Rujukan Bupati se Indonesia, Program “Nomaden” Bakal Dibukukan

oleh
Prof. Haryono bersama Prof. Bupati Kabupaten Gorontalo saat memberikan arahan kepada ASN ke Kecamatan Telaga Biru dalam kegiatan yang di selenggarakan di Desa Dulamayo Selatan, Rabu (30/10/2019)

HABARI.ID I Program Nomaden (Nelson Masuk Desa) yang digulirkan pemerintah kabupaten Gorontalo pada Rabu (30/10/2019) di kecamatan Telaga Biru, bisa dibilang istimewa. Istimewa karena dihadiri Prof. Haryono Suyono.

Pada agenda pembinaan aparatur di kantor Kecamatan Telaga Biru, Menko Perekonomian di era Orde Baru ini, menyampaikan beberapa hal.

Ia mengapresiasi agenda turun ke desa yang dilakukan Bupati Gorontalo bersama jajaran pemerintah kabupaten Gorontalo.

“Saya kagum apa yang telah dilakukan pak Nelson. Dan tentu saja ini demi kemajuan daerah. Saya sangat mengapresiasi giat turun ke desa-desa ini,” ungkap Haryono.

Menurut Dewan Pakar Kepresidenan ini, gerakan turun ke desa yang dilakukan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, akan dibukukan agar bisa menjadi rujukan program bagi seluruh Bupati di Indonesia.

“Program Presiden Jokowi pada tahun 2020, salah satunya adalah peningkatan SDM. Bukan hanya SDM diperkotaan, melainkan juga di perdesaan. Peningkatan SDM bukan hanya dari sisi pendidikannya, akan tetapi menyentuh pada peningkatan tenaga kerja yang produktif,” kata Haryono.

Menurut Haryono, pendidikan dari usia dini hingga SMA harus terus ditingkatkan. Dan sekolah-sekolah dapat melakukan pendataan terkait jumlah anak dan remaja yang ada di wilayahnya.

Data ini bisa dijadikan sebagai rujukan dalam mengatasi problem anak-anak putus sekolah. Haryono berharap Lembaga pendidikan dapat lebih proaktif dalam pendataan.

“Kita bantu Pak Bupati Nelson bukan hanya untuk 1 tahun 2 tahun, kalau boleh 10 tahun,” kata Haryono Suyono.(dwi/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.