Menjaga Indonesia

Gubernur Tinjau Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

HABARI.ID I Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Kamis (07/01/2021) meninjau langsung kesiapan penyimpanan vaksin Covid-19 di Kantor Farmasi Provinsi Gorontalo.

Gubernur Rusli mengatakan, sudah beberapa kali mengecek lokasi penyimpanan vaksin, dan menurutnya tempat untuk menampung dosis vaksin sebanyak 9.760 telah siap, namun masih terkendala oleh listrik.

“Tetapi masih ada kekurangan yaitu listrik, gensetnya ada tapi otomatisnya nggak ada, sekarang saya panggil PLN untuk dipasang. Jadi kalau listrik padam sekian detik, langsung hidup lagi, agar suhunya tidak berubah …”

“Saya juga minta kepada untuk pemasangan genset mobile, yang otomatis sambil menunggu pakai gardu sendiri,” jelas Gubernur Gorontalo Dua Periode itu.

Vaksin ini kata Rusli, akan didistribusi Pemerintah Provinsi Gorontalo ke seluruh daerah kabupaten dan kota. Untuk sarana dan prasarana serta SDM, Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah siap.

“Kami akan beri setelah mereka benar-benar siap. Saya lihat Kota Gorontalo juga sudah siap, untuk menampung vaksin,” terangnya.

Secara nasional vaksin Covid-19 ini akan digunakan tepat pada tanggal 13 Januari akan datang. Namun untuk Provinsi Gorontalo, Rusli jelaskan masih akan melihat kesiapan masyarakat.

“Tapi yang didahulukan nakes atau tenaga kesehatan, TNI, Polri dan pegawai di kantor pelayanan publik …”

“Kalau memang harus saya, ya nggak masalah. Saya siap-siap saja kalau harus di vaksin,” tandasnya.(dik/habari.id).