Menjaga Indonesia

Cegah Covid-19: Gubernur Segera Surati KKIG, Minta Perantau Tunda Mudik

HABARI.ID I Warga Gorontalo di perantauan diminta untuk menunda dan tidak melakukan mudik, baik pada moment Puasa maupun Lebaran. Upaya ini, menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, sangat penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Terkait hal ini, Gubernur Gorontalo akan segera menyurat KKIG (Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo) yang tersebar di tiap Provinsi di Indonesia.

“Saya akan menyurat ke KKIG, mengimbau agar KKIG yang ada di seluruh wilayah Indonesia tidak mengizinkan masyarakat Gorontalo yang tinggal di luar daerah melakukan mudik pada Puasa dan Lebaran ini,” tegas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Senin (13/04/2020).

Menurutnya, tidak ada yang tahu kapan dan dimana virus ini menjangkit seseorang. Rusli khawatir ada warganya yang kembali dan telah tertular kemudian menyebarkan ke orang-orang disekitarnya.

Rusli menjanjikan bagi warga Gorontalo yang patuh terhadap aturan ini akan diberikan mudik gratis di tahun depan. Kebijakan ini berlaku bagi mereka yang terkendala biaya mudik.

“Bersabar dulu tahun ini kita tidak mudik dulu, tahun depan kita akan siapkan anggaran untuk membantu mereka mudik gratis seperti yang telah kami lakukan beberapa tahun yang lalu,” tambahnya.

Ia menambahkan jika ada warga Gorontalo yang memaksa ingin kembali, maka diwajibkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan virus Corona. Yang bersangkutan harus menjalani sejumlah pemeriksaan dan isolasi selama dua minggu.(rls/fp/habari.id)