Menjaga Indonesia

Gubernur: Pohuwato Siap Gelar Pemungutan Suara

HABARI.ID I Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menilai Kabupaten Pohuwato siap untuk melaksanakan Pilkada.

Ini berdasarkan hasil peninjauan lapangan yang oleh Gubernur Rusli Habibie, bersama Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Dan Danrem 133 Nani Wartabone, Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, serta anggota penyelenggara pemilu, Selasa (8/12/2020).

Gubernur Rusli mendatangi TPS 1 Desa Kemiri, Kecamatan Paguat, TPS 1 Kelurahan Pentadu, Kecamatan Paguat.

Serta TPS 1 Desa Pepaya, Kecamatan Dengilo. Rombongan meninjau TPS 3 Desa Huta Moputi, Kecamatan Dengilo dan TPS 4 Desa Palopo, Kecamatan Marisa.

“Setelah kami melihat beberapa sampel, tiga kecamatan sudah sangat siap dan penataan TPS sangat bagus …”

“Saya dengar anggarannya kurang, tapi partisipasi masyarakat sangat bagus sehingga saya yakin besok berjalan lancar,” ucap Rusli usai kunjungan.

Gubernur menilai persiapan pengamanan dari Polri dan TNI, sudah berjalan baik. Personil Polres dan Kodim bersiaga pada sejumlah tempat.

Gubernur berharap, pemungutan dan penghitungan suara berjalan aman, damai dan lancar.

Sementara itu anggota KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran menjelaskan, pasien yang berstatus positif covid-19 tetap mendapat hak untuk memilih.

Saat ini karantina pasien covid-19 terpusat di Hotel Eljie Kota Gorontalo. “Data sementara yang positif covid-19 terbanyak dari Kabgor …”

“Ada 46 orang sementara Bone Bolango delapan orang. Untuk Kabgor proses pemilihan akan berpusat di RS Ainun, nanti petugas yang akan datang,” jelasnya.

Terinformasi jumlah Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Pohuwato sebanyak 102.786 orang. Jumlah itu tersebar pada 306 TPS, 104 desa dan 13 kecamatan.(fp/habari.id)