Menjaga Indonesia
Daerah

KPU Gelar Kuliah Pakar Penguatan Demokrasi dan Pemilu Untuk Generasi Muda

HABARI.ID I KPU (Komisi Pemilihan Umum) adalah lembaga vertikal, juga penentu arah demokrasi melalui penyelenggaraan pemilu. Inilah salah satu alasan KPU Kota Gorontalo, menggelar Kuliah Pakar tentang demokrasi dan pemilu.

Sukrin Thaib, Ketua KPU Kota Gorontalo jelaskan kegiatan yang berlangsung di aula Kantor Komisi Pemilihan Umum Selasa (08/12/2020) itu, mengikutkan seluruh unsur penyelenggara pemilu.

“Juga ada pesertnya mahasiswa program studi pemerintahan, dari Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo,” ujar Sukrin.

Tujuan kegiatan tersebut kata Sukrin, selaian sebagai wadah untuk edukasi politik bagi generasi muda.

“Tujuan lain yakni, meberiman edukasi dan sosialisasi tentang kepemiluan kepada mahasiswa …”

“Serta membentuk sinergitas lintas sektoral Komisi Pemilihan Umum bersama lembaga perguruan tinggi,” pungkas Sukrin.

Terinformasi Komisi Pemilihan Umum Kota Gorontalo belum lama ini mendapatkan penghargaan tertinggi dari Pemerintah Pusat, karena sukses melaksanakan rekapitulasi data pemilih.

Kegiatan yang melibatkan perguruan tinggi ini, mendapat respon positif dari Pemerintah Kota Gorontalo. Seperti dukungan dari Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha.

Menurutnya, kinerja lembaga vertikan penyelenggara pemilu Kota Gorontalo ini, sudah sangat maksimal. Meski tidak melaksanakan Pilkada, tetapi lembaga ini sangat produktif.

Bisa terlihat dari pelaksanaan rekapitulasi data pemilih Kota Gorontalo, yang turut mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat.

“Kami mengapresiasi kegiatan Komisi Pemilihan Umum Kota Gorontalo, artinya lembaga ini sangat peduli dengan masa depan generasi muda,” ucap Marten.(bnk/habari.id).