Gandeng DLH, Kodim 1314 Gorontalo Utara Gelar Kerja Bakti Bersih Pasar

oleh

HABARI.ID I Tingginya aktifitas masyarakat di lokasi publik, sering membuat kawasan tersebut menjadi tempat yang sering kotor dan dipenuhi sampah. Meskipun pelayanan kebersihan terus dilakukan namun tak cukup mampu membendung sampah-sampah tersebut.

Berangkat dari polemik itu, bertepatan dengan HUT Ke 64 Kodam XIII Merdeka, Kodim 1314 menurunkan kurang lebih 50 personil ditambah dengan sejumlah pasukan dari Batalyon 713 dan 715 untuk kerja bakti di sejumlah tempat publik, Jumat (10/06/2022).

Lokasi yang menjadi target dari agenda bersih-bersih ini, yakni di Pasar Minggu di Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang. Kerja bakti itu dipimpin langsung oleh Dandim 1314 Gorontalo Utara, Kav. Letkol Embi Triono.

Embi mengatakan, kebersihan menjadi salah satu faktor mengukur pelayanan kepada masyarakat. Terlebih menurutnya menjaga lingkungan tetap bersih menjadi salah langkah mudah untuk mengimplementasikan jiwa bela negara.

“Kegiatan ini merupakan agenda serta program kerja Kodam XIII Merdeka yang telah diinstruksikan kepada seluruh jajaran pada tingkat bawah dengan melibatkan instansi terkait serta masyarakat setempat dalam rangka menghadapi HUT Kodam XIII merdeka ke 64 tahun” jelasnya.

Pada kerja bakti itu juga, anggota Kodim 1314 dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Gorontalo Utara membersihkan rerumputan liar yang sudah tumbuh dilingkungan pasar tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang P2KL Dinas Lingkungan Hidup Gorontalo Utara, Fatra Lubis Ismail mengatakan, pihaknya merasa terbantukan dengan hadirnya anggota TNI pada upaya menjaga kebersihan lingkungan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah turut andil dalam membantu kami membersihkan pusat-pusat publik ini,” ungkapnya.

Menurut Fatra, kebersihkan menjadi hal penting sebab, sampah merupakan salah satu sumber dari berbagai penyakit.

“Pasar merupakan lokasi yang banyak menghasilkan sampah, mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah plastik lainnya..,”

“Untuk itu menjaga lingkungan adalah keharusan kita bersama. Sebab kebiasaan acuh tak acuh atas kebersihan akan berdampak pada ketidaknyamanan kita di satu lokasi, bahkan pemicu dari banyaknya penyakit,” jelasnya (Wi/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.