Canangkan Hari Karawo, Penjagub Ismail Minta Promosi Karawo Harus Lebih Gencar Lagi

oleh
banner 468x60

HABARI.ID, PEMPROV | Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, mencanangkan Hari Karawo dan Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2024 di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Minggu (21/1/2024). Pencanangan Hari Karawo diawali dengan jalan sehat bersama yang diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah, aparatur sipil negara, dan masyarakat umum.

“Karawo adalah produk sulaman tangan khas Gorontalo yang sudah ada sejak abad ke-18. Peringatan Hari Karawo merupakan kegiatan yang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Gorontalo,” kata Penjagub Ismail.

banner 468x60

Ismail menuturkan, karawo telah mengalami perkembangan dan menjadi salah satu produk ekonomi kreatif unggulan Gorontalo. Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan instansi terkait terus mendorong dan mengambil langkah-langkah strategis untuk mempromosikan karawo ke tingkat nasional dan mancanegara.

“Pencanangan ini merupakan lokomotif untuk mempromosikan karawo yang juga telah masuk dalam kalender pariwisata nasional dan termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara,” tuturnya.

Hari Karawo yang diperingati setiap 23 Januari ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 9 Tahun 2014. Peringatan Hari Karawo tahun ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya lomba pembuatan syal karawo terunik, video milenial bangga berkarawo, serta lomba foto famili karawo dan balita berkarawo. (edm/habari.id)

Baca berita kami lainnya di