Menjaga Indonesia

Baznas Tingkatkan Produktivitas Ekonomi di Tengah Pandemi

HABARI.ID I Baznas Kota Gorontalo, ternyata tidak hanya memiliki program kegiatan yang bergerak pada bidang religi seperti pengumpulan dan penyaluran zakat. Tetapi lembaga yang dinahkodai Marzuki Pakaya ini, memiliki program dalam meningkatkan produktivita ekonomi masyarakat pelaku usaha kecil di Kota Gorontalo.

Seperti yang dikatakan Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Kota Gorontalo, Ucan Rauf, Rabu (26/05/2021) bahwa Badan Amil Zakat Nasional Kota Gorontalo memiliki program kegiatan bernama ekonomi produktif.

“Untuk tahun ini pada tahap pertama sebanyak 50 orang pelaku usaha kecil, kami berikan bantuan tambahan modal usaha melalui program ekonomi produktif. Guna membantu pengembangan usaha mereka di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia jelaskan, program ekonomi produktif yang diperuntukan bagi pelaku usaha kecil ini baru tersebar di 25 kelurahan di Kota Gorontalo. Dan kedepannya akan menjangkau sampai 50 kelurahan, namun secara bertahap.

“Pemberian bantuan tambahan modal usaha bagi masyarakat ini, tidak hanya sebatas diberikan begitu saja oleh lembaga. Akan tetapi kami lakukan monitoring dan evaluasi, apakah telah memberikan dampak terhadap pengembangan usaha mereka atau tidak ..,”

“Sementara itu, untuk pendataan terhadap pelaku usaha kecil yang ada di Kota Gorontalo, tentu kami berkoordinasi dengan aparat kelurahan setempat, sembari melakukan survey secara langsug di lapangan,” terangnya.

Dari hasil evaluasi belum lama ini dilakukan jajarannya, program kegiatan tersebut mencapai 90 persen. Artinya, program ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh penerima manfaat.

“Kami berharap, setelah penerima program kegiatan ini sukses mengembangkan usaha mereka, kedepan bisa menjadi penyalur infak yang aktif Kota Gorontalo,” pungkasnya.(bnk/habari.id).