Menjaga Indonesia

Bantuan Untuk Korban Banjir Terus Disalurkan

HABARI.ID I Bantuan untuk korban banjir bandang terus disalurkan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kamis (25/06/2020) kali ini untuk korban banjir di Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango.

Bantuan tersebut disalurkan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk korban bencana di delapan desa di kecamatan tersebut, yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

“Saya sejak terjadi bencana banjir itu ada di Parigi Moutong, mendampingi Pak Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Malamnya kami diberi tahu ada banjir, dan saya langsung ke Suwawa Timur melihat, dan besoknya kami ke Taludaa melihat lokasi banjir …”

“Tapi saya pantau terus BMKG untuk curah hujan khususnya di wilayah Bone Bolango. Karena curah hujan yang cukup deras dan terlalu lama, salah satu faktor terjadinya bencana. Sehingga sungai kita tidak mampu lagi untuk menampung luapan air,” ujar Rusli

Banjir tersebut juga menerjang jembatan molintogupo dan mengkibatkan robohnya jembatan tersebut. Namun itu juga akan menjadi prioritas Pemerintah untuk dibangun kembali.

“Alhamdulillah jembatan itu, atas perjuangan teman-teman dan juga DPRD Provinsi wilayah Bone Bolango, kita anggarkan kurang lebih 20 miliyar …”

“Dalam pekerjaan sekarang, targetnya Agustus ini, tadi saya cek Kadis PU segera di perbaiki karena itu merupakan akses masyarakat dari Suwawa Selatan ke Pusat Ibu Kota Bone Bolangi,” kata Rusli.

Rusli menjelaskan, bahwa jembatan molintogupo yang dulu menjadi tanggung jawab Kabupaten Bone Bolango, kini telah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Makanya tahun ini, kita anggarkan dan juga Pak Kris Wartabone selalu berjuang dan mempertahankan anggarannya, agar jangan di relokasikan ke tempat lain,” terang Rusli.

Rusli juga berharap kepada masyarakat untuk selalu waspada. Mengingat saat ini cuaca yang selalu hujan, dan warga yang berada di bantaran sungan Bone diharapkan tetap waspada.

“Sudah tiga hari berturut-turut ini, saya selesai shalat subuh itu melihat cuaca sangat mendung dan hujan gerimis. Karena saya sebagai Gubernur sangat bertanggung jawab terhadap rakyat saya, ketika terjadi bencana seperti ini …”

“Untuk itu kita sama-sama berdoa mudah-mudahan bencana ini akan dihilangkan dari Provinsi Gorontalo,” tandas Gubernur Gorontalo Dua Periode itu.(sodik/habari.id).