Bantuan Alsintan, Tunjang Produktivitas Petani

oleh
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat bersama para petani sebelum penyerahan bantuan Alsintan di desa Ombulotango.[foto_istimewa]

HABARI.ID I Sektor pertanian menjadi salah satu “motor penggerak” perekonomian di wilayah kabupaten Gorontalo.

Sebagai pemberi kontribusi terbesar pendapatan dan perputaran ekonomi daerah, pemerintah kabupaten Gorontalo masih memfokuskan perhatiannya pada pemberdayaan dan peningkatan produktivitas petani.

Dan untuk menunjang itu, pemerintah kabupaten Gorontalo menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk para petani.

Bantuan yang diserahkan berupa mesin pelepas jagung dan mesin perontok padi kepada 6 kelompok tani di desa Ombulotango, Jum’at (15/11/2019).

Menurut Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, sesuai dengan data yang ada, luas lahan pertanian di kabupaten Gorontalo kurang lebih 23 ribu Ha, 13 ribu Ha merupakan pertanian jagung, serta 43 ribu Hentar untuk sektor perkebunan.

Wilayah pertanian terbesar ada di Kecamatan Tolangohula, diikuti kecamatan Mootilango dan Boliyohuto. Bupati mengatakan, bantuan yang diberikan juga merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah kepada para petani.

Sehingga dirinya berharap, wilayah Tolangohula dan sekitarnya menjadi lumbuk pangan. Bupati berharap, dengan jumlah lahan yang besar, masyarakat diharapkan bisa menjaga dengan baik kekayaan alam ini.

“Jagalah kekayaan alam dengan baik. Karena tidak semua orang memiliki lahan pertanian seperti ini,” harap Nelson.

Nelson juga menghimbau agar irigasi di tetap tata dengan baik dan lahannya diolah dengan baik pula dan tidak menggunakan lahan pertanian yang produktif untuk jadikan kawasan permukiman apalagi dijual untuk pembangunan gedung.

“Lahan agar dijaga dan dirawat dengan baik. Dan jadikan bantuan ini untuk meningkatkan produksi demi peningkatan kesejahteraan petani,” kata Nelson.(dwi/habar.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.