Badan POM Gorontalo Segera Jadi Laboratorium PCR Sars-CoV-2

oleh
Laboratorium
Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole saat konferensi pers di Seketariat GTPP, Sabtu (18/04/2020).[foto_dwi/habari.id]
banner 468x60
HABARI.ID I Badan POM Gorontalo disiapkan jadi laboratorium untuk pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) Sars-CoV-2. Upaya ini dilakukan untuk mempercepat diagnosis medis penanganan Covid-19.

Menjadikan Badan POM Gorontalo sebagai laboratorium PCR, adalah sebuah langkah maju dalam penanganan Covid-19 di Gorontalo, terutama untuk memastikan positif-tidaknya pasien terpapar virus Corona.

Sejauh ini, untuk mendapatkan hasil yang akurat, spesimen yang dijadikan sampel untuk tes PCR, harus dibawa ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar. Untuk mendapatkan hasilnya, perlu waktu hingga berhari-hari.

banner 468x60

Plt Kadis Kesehatan Gorontalo Misranda Nalole menjelaskan, Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah mulai menyiapkan fasilitas penunjang.

“Sudah. Kita mulai rehab ruangannya. Dinas PU sudah tangani dan sesuai target Senin rehabnya selesai,” jelas Misranda.

Fasilitas PCR memang masih menjadi kendala pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid 19 ini. Hal itu wajar mengingat alat dan SDM untuk menangani masalah virus tersebut fasilitas di Gorontalo masih terbatas.

Upaya pemerintah dengan menjadikan Badan POM sebagai tempat tes PCR, akan mempercepatan penangan Covid-19.

“Kita juga menunggu reagen yang dijanjikan oleh pusat, Inshaallah Rabu ini kita terima,” jelas Misranda.

banner 468x60

Lanjut Misranda, persiapan laboratorium ini juga telah dilakukan oleh Badan POM, mulai dari penyediaan tenaga hingga administrasi terkait penggunaan PCR tersebut.(dwi/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan