Menjaga Indonesia

PSBB Jilid 2: Akses Masuk Gorontalo Tetap Ditutup!

HABARI.ID I Akses masuk wilayah Gorontalo tetap ditutup. Orang-orang dari luar Gorontalo belum diperbolehkan masuk. Ini menjadi penegasan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di hari pertama PSBB Jilid 2.

Saat melakukan kunjungan di Posko perbatasan desa Moodulio, kecamatan Bone, kabupaten Bone Bolango, Senin (18/05/2020), Rusli mengingatkan petugas untuk tetap tegas dan konsisten dengan aturan yang erat kaitannya dengan upaya mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Yang boleh mengakses perbatasan hanya kendaraan logistik dan kesehatan. “Saya minta kepada petugas untuk bersikap humanis ya …,”

“Jelaskan kepada masyarakat bahwa aturannya tidak boleh orang masuk ke daerah ini. Harus tegas dan konsisten,” pesan Rusli sembari mensupport dan meminta petugas untuk tetap humanis.

Penutupan akses masuk berlaku untuk jalur transportasi darat, laut dan udara. Maskapai udara dan kapal penumpang, diminta untuk tidak menjual tiket dari dan ke Gorontalo hingga berakhirnya PSBB tahap II.

Menurut Gubernur, kebijakan penutupan akses masuk ke Goronralo semata-mata untuk melindungi rakyatnya. Kasus positif covid-19 Gorontalo rata-rata ditularkan dari orang yang memiliki riwayat perjalanan luar daerah, terutama daerah zona merah.

“Saya minta warga di sekitar perbatasan untuk ikut mendukung. Ini bukan untuk Gubernur. Ini untuk melindungi rakyat dari penyebaran virus Corona,” kata Rusli.

Saat melakukan kunjungan di perbatasan itu Gubernur turut didampingi Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Bagus Antonov Hardito.

Pada kunjungan tersebut, Gubernur menyerahkan bantuan bagi tenaga medis dan aparat gabungan yang berjaga. Selain diberi bahan pokok, petugas dibantu dengan berkaleng-kaleng susu, vitamin, masker dan hand sanitizer.(rls/fp/habari.id)