Menjaga Indonesia

95 Anggota PPK Kabupaten Gorontalo Dilantik

HABARI.ID I Setelah melalui seleksi panjang dan ketat, 95 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2020 di Kabupaten Gorontalo, dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua KPU Kabupaten Gorontalo. Dan segera, mereka akan menjalankan tugas-tugas mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak 23 September mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasyid Saiyu menjelaskan, setiap anggota harus bekerja secara profesional. Sebagai lembaga yang independen dalam menyelenggarakan pesta demokrasi, integritas menjadi landasan utama dalam setiap pekerjaan anggota PPK.

“Setelah ini kita akan undang KPU RI untuk orientasi kerja para PPK, mereka akan dibina untuk kemudian bisa lebih profesional lagi dalam menjalankan tugas nanti,” jelas Rasyid Saiyu.

Sebelumnya, para 95 anggota tersebut telah di seleksi secara ketat, mulai dari seleksi administrasi, tertulis dan wawancara.

Untuk mengetahui independensi para anggota PPK ini, sebelumnya juga pihak KPU Kabupaten Gorontalo telah melakukan wawancara dan membuka tanggapan masyarakat terkait hasil seleksi yang melahirkan 95 anggota PPK tersebut.

“Jumlahnya 95, yang tersebar di 19 Kecamatan dan setiap Kecamatan 5 anggota yang akan bekerja,” kata Rasyid.

Selain itu, Rasyid juga menghimbau tiap anggota PPK untuk dapat bekerjasama dengan baik. Setiap pengambilan keputusan terkait problema dilapangan dapat diselesaikan dengan cara musyawara dan menghindari voting.

“Harus bangun solidaritas dan berpegang teguh pada hukum formal yaitu UU 10 tentang pemilihan Bupati dan wakil Bupati serta aturan PKPU,” imbau Rasyid Saiyu.

Setiap langkah nanti yang akan diambil oleh PPK haruslah berkepastian hukum. Serta tak lupa pula dirinya berharap setiap anggota PPK yang baru dilantik untuk dapat menjaga kode etik dan aturan-aturan lain yang berlaku demi menciptakan citra integritas dihadapan publik.(dwi/habari.id)