Menjaga Indonesia

Yeyen Sidiki: Gerakan Mahasiswa Pengusaha Harus Diimplementasikan Secara Masif

HABARI.ID I Sebagai wakil rakyat, Hj. Yeyen Sidiki, M.M, yang juga anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, menaruh perhatian khusus terhadap generasi muda di Gorontalo.

Khususnya mahasiswa dan kalangan pelajar lain, yang memiliki potensi menjadi entrepreneur.

Sehingga Senin (10/02/20) melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP), ia pun memberikan catatan khusus kepada Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperindag) Provinsi Gorontalo, untuk mengimplementasikan program Pemerintah Pusat; Gerakan Mahasiswa Pengusaha.

“Program ini dilahirkan oleh Kementerian Koperasi RI, sebagai upaya menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan khususnya di kalangan mahasiswa …,”

“Program pemasyarakatan Kewirausahaan Nasional dengan tema, ‘Gerakan Mahasiswa Pengusaha’,” ujar Yeyen.

Aleg Fraksi Golkar Dua Periode ini jelaskan, Pemerintah Provinsi Gorontalo belum menjalankan program yang sangat baik tersebut. Hal itu terungkap melalui RDP, dengan Diskuperindag Provinsi Gorontalo di ruang Komisi II.

Padahal menurutnya, program tersebut bukan hanya bisa membuat generasi muda Gorontalo menjadi pengusaha hebat, tetapi dapat membantu Pemerintah Provisi Gorontalo untuk menekan angka pengangguran.

Karena melalui program tersebut bukan hanya ribuan mahasiswa yang lulus setiap tahun bisa bekerja, namun mereka juga bisa mempekerjakan masyarakat lain yang belum memiliki pekerjaan.

“Dari sisi lain, program dari Pemerintah Pusat ini bisa meningkatkan perekonomian rakyat di Provinsi Gorontalo. Sehingga kemiskinan di daerah pun bisa teratasi dengan baik,” jelas Yeyen.

Dikatakannya lagi, di daerah lain setiap instansi daerah bekerjasama dengan pihak Perguruan Tinggi untuk menjalankan program tersebut.

Menurutnya, Gorontalo, dari ujung Pohuwato sampai dengan Bone Bolango, memiliki perguruan tinggi, tentu sangat baik jika dilaksanakan di setiap daerah.

“Bayangkan saja, jika setiap tahun ada 1000 mahasiswa yang lulus atau wisuda, kemudian mereka diberikan pendampingan dan pembekalan oleh instansi, selanjutnya diberikan modal usaha dan mereka kembangkan …,”

“Maka otomatis, Pemerintah Daerah tentunya sudah mempersiapkan pengusaha hebat di daerah, untuk meningkatkan perekonomian daerah,” tutup Yeyen.(4bink/habari.id)