Menjaga Indonesia

World Rabies Day: Tulungagung Bebas Rabies

HABARI.ID, TULUNGAGUNG I Memperingati Hari Rabies Dunia (World Rabies Day) yang jatuh pada tanggal 28 September 2021, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kabupaten Tulungagung adakan vaksinasi rabies gratis.

Vaksinasi rabies dalam menyemarakan World Rabies Day ini dimulai pada tanggal 1 sampai 30 September 2021. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menargetkan 500 dosis untuk hewan jenis Anjing, Kucing dan Kera.

“Melakukan kegiatan vaksinasi rabies, targetnya untuk hewan Anjing, Kucing dan Kera. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan di lima Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan), Kedungwaru, Campurdarat, Ngunut, Rejotangan, Kalidawir,” kata Erna Dwi Lestari, Kasi Pencegahan, Pemberantasan dan Pengamanan Penyakit Hewan (06/09/2021).

Hewan yang boleh divaksin harus sehat dan tidak bunting, per-Puskeswan satu hari melayani 10 ekor.

“Kriteria hewan yang di vaksin harus sehat, tidak bunting, umurnya minimal 5 bulan, jadi kita sebarkan informasi melalui Medsos (media sosial) untuk pemilik hewan daftar dulu melalu aplikasi WhatsApp …,”

“Nanti dibuatkan jadwal, dan kita batasi perhari melayani 10 ekor setiap Puskeswan,” ungkapnya.

“Kegiatan ini dibatasi, untuk menjaga Prokes (protokol kesehatan) animo masyarakat, satu KK (kartu keluarga) maksimal 4 ekor hewan yang di vaksin, biar bisa merata,” tutup Erna.(fal/habari.id)