Menjaga Indonesia

‘World Rabies Day’, Vaksinasi Rabies Massal Gratis Anjing dan Kucing

HABARI.ID, TULUNGAGUNG I Memperingati ‘World Rabies Day’ atau hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung setiap tahunnya menyelenggarakan vaksinasi rabies massal gratis.

Vaksinasi rabies masal bertujuan untuk menekan dan mencegah terhadap penyakit rabies yang ada di hewan anjing dan kucing.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung, melalui Sekretaris Dinas, Agus Prijanto Utomo, mengatakan vaksinasi rabies massal secara gratis akan di laksanakan di beberapa Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di Tulungagung.

Sesuai jadwal, tanggal 24 September di Puskeswan Ngunut, 28 September Puskeswan Campurdarat, 29 September Puskeswan Rejotangan, 30 September Puskeswan Kalidawir dan 01 Oktober 2020 Puskeswan Kedungwaru.

Agus Prijanto Utomo menjelaskan bahwa pada vaksinasi rabies massal gratis ini, juga ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Selain itu kuota pendaftar juga terbatas.

Booking sebelum pelaksanaan. Membawa fotocopy KTP saat vaksinasi, hewan (anjing dan kucing), usia hewan minimal 4 bulan, sudah diberi obat cacing max 3 bulan terakhir, hewan dalam kondisi sehat dan wajib patuhi protokol kesehatan (masker, jaga jarak, cuci tangan) …,”

“Selain gratis dengan syarat yang sudah dijelaskan, kuotanya juga terbatas,” jelas Agus Prijanto.(fal/habari.id)