WISH Festival 2019; Ada Banyak Beasiswa, Problem Finansial Bukan Kendala

oleh
Penyelenggara WISH Festival 2019 saat bersama unsur pemerintah daerah dan pimpinan perguruan tinggi.(foto_Istimewa)

HABARI.ID –  Ada banyak skema beasiswa, mulai dari beasiswa yang disiapkan LPDP maupun lembaga-lembaga penyedia beasiswa dari luar negeri.

Banyaknya skema beasiswa, kata Ketua Mata Garuda Gorontalo, Ayu Anastasya Rachman, MA, membuka peluang bagi anak Bangsa untuk bisa studi ke mana saja, ke kampus-kampus terbaik di dunia.

Menurutnya, masalah finansial, bukan lagi menjadi kendala bagi, jika ada keinginan besar untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi. “Yang dibutuhkan saat ini hanyalah memantaskan diri,” kata jebolan program magister University College London (UCL) ini.

Ayu mengungkapkan, pendidikan harus membuka cakrawala tentang realitas sosial. “Bagi saya pribadi, pengetahuan bisa dipelajari dan dialami. Tetapi kepedulian akan realitas sosial bertumbuh dari hati.

Rekan-rekan di Gorontalo harus memiliki alasan yang tepat dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Agar investasi kita dalam pendidikan tidak sia-sia, terlebih agar ilmu kita bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak,” kata Ayu.

Ayu Anastasya Rachman, MA

Ayu, termasuk salah satu dari beberapa alumni penerima beasiswa LPDP yang “motor penggerak” pelaksanaan World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 di Gorontalo yang digelar Selasa (06/8/2019).

Ini menjadi ajang yang akan mempertemukan scholarship hunterawardee, komunitas/organisasi, lembaga penyedia beasiswa hingga pemerintah yang menaruh perhatian terhadap beasiswa dan pendidikan.

“Ada 20 ribu lebih putra putri Indonesia yang menjadi penerima beasiswa LPDP. 8000 diantaranya, telah menyelesaikan studi baik jenjang magister maupun doktor dalam berbagai disiplin ilmu. Provinsi Gorontalo total penerima beasiswa LPDP khususnya, sejak pertama kali LPDP didirikan, hanya kurang lebih 46 orang.

WISH Festival 2019 yang digelar di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Selasa (06/8/2019)

 

Tercatat kurang dari setengah sudah kembali dan mengabdi di Indonesia. Jumlah ini masih sangat jauh jika dibandingkan dengan daerah seperti Aceh, Jogjakarta, Makassar bahkan Papua, yang telah mengirimkan ribuan penerima beasiswanya di perguruan tinggi dalam dan luar negeri,” kata Ayu.

Roadshow Gorontalo, The Biggest Scholarship Event in Indonesia ini, menggelar banyak rangkaian kegiatan termasuk Expo Pendidikan yang mengikutsertakan 17 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Gorontalo.

“Rekan-rekan mahasiswa dan masyarakat bisa mendapatkan banyak sekali informasi mengenai beasiswa LPDP maupun lembaga-lembaga penyedia beasiswa dari luar negeri, mulai dari UK, US, Belanda dan Jerman,” kata Ayu Anastasya Rachman.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.