Menjaga Indonesia

UNG Luncurkan Logo Dies Natalis ke-57, Begini Makna Simboliknya …

HABARI.ID I Meneguhkan UNG sebagai kampus kerakyatan, menjadi semangat UNG pada perayaan Dies Natalis ke-57. Memeriahkan Dies Natalis ke-57 yang jatuh pada tanggal 1 September 2020 nanti, UNG meluncurkan logo.

Semangat untuk terus berkontribusi menggerakkan sektor-sektor strategis di tingkat akar rumput melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) ini, tersirat dalam makna-makna simbolik pada logo yang diluncurkan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-57 UNG.

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, menjelaskan bahwa makna dari logo yang digunakan pada Dies Natalis kali ini yakni bentuk logo yang merupakan gabungan beberapa unsur yang diambil dari logo Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Pertama, kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo yang melambangkan lima sila dari dasar negara Pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut (Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu).

Kedua, sayap burung Maleo sebagai burung endemik Sulawesi yang melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis dari seluruh civitas akademika dalam memajukan Universitas Negeri Gorontalo. Sayap burung Maleo tersebut juga melambangkan semangat dan daya juang pribadi-pribadi unggul dan memiliki daya saing.

“Untuk warna yang digunakan pada logo ini adalah Merah, Kuning Emas, Hijau, Biru dan Ungu yang merupakan warna adat Gorontalo,” terang Rektor.

Lebih lanjut dijelaskan Rektor, keseluruhan ragam warna ini juga mewakili warna masing-masing fakultas yang ada di UNG.

Adapun makna dari warna merah yang melambangkan keberanian dan tanggung jawab. Kuning emas melambangkan sikap setia dan kemuliaan. Hijau melambangkan kesuburan dan kesejahteraan.

Biru melambangkan ketenangan, kesetiaan dan harapan. Ungu melambangkan keanggunan dan kewibawaan.

Warna yang digunakan pada logo ini kata Rektor merupakan warna-warna gradasi yang sering digunakan di dunia teknologi sekarang.

Penggunaan logo ini sejalan dengan visi dan misi Universitas Negeri Gorontalo yang mengedepankan inovasi, digital based learning, teknologi terbarukan, jejaring, serta sains dan teknologi menuju good university governance.

“Sedangkan font yang digunakan pada logo ini adalah huruf sans serif yang memiliki keterbacaan yang tinggi, sehingga dapat terbaca meskipun logo dalam ukuran besar ataupun kecil,” ujarnya.(rls/fp/habari.id)