UBM Gorontalo Dipimpin Perempuan Tangguh dan Visioner

oleh
Dr. Titin Dunggio, M.Si, M.Kes

HABARI.ID I Dr. Titin Dunggio, M.Si, M.Kes, lahir di Gorontalo 09 Januari, 47 Tahun yang lalu, adalah putri ke 9 dari pasangan ayahanda Jusuf Dunggio (Alm) dan ibunda Hj. Sintje Nteseo (Almh), ayahnya seorang birokrat PNS dengan  masa pengabdian lebih 35 tahun dicurahkan untuk pengabdian sebagai staf Inspektorat di Kotamadya Gorontalo (1985) yang senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi martabat keluarga besarnya.

Pelajaran yang sangat membekas dari kedua orang tuanya adalah tanggungjawab, kemandirian dan disiplin. Karakter dan pelajaran-pelajaran moral yang diajarkan orang tua sejak kecil, ditambah dengan ilmu yang didapat mulai dari bangku SD hingga di bangku kuliah, telah menjadikan Titin Dunggio sebagai sosok yang dikenal sangat disiplin dan tegas.

Ia bijak dalam setiap pengambilan keputusan, baik di keluarga maupun di organisasi.

Perempuan yang bersahaja ini pun akhirnya diamanahkan menjadi Rektor Universitas Bina Mandiri Gorontalo Periode 2019-2023. Dan hari ini ia dilantik.

Kesuksesannya tidak hanya di dalam lingkungan kampus. Tapi juga di luar kampus melalui berbagai organisasi yang digelutinya kini.

Dr. Titin tidak hanya aktif dan memberi kontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di daerah. Sebagai pendidik, ia juga berhasil mewariskan kemampuan bidang akademik kepada 2 orang putri dan satu putranya.

Putri sulungnya, Ayu Anastasya Rachman, S.IP, MA misalnya. Mampu membuat sesuatu yang “revolusioner” di kampus.

Sekembali dari UK (Inggris), usai menyelesaikan studi Master of Arts di University College London, (UCL), Ayu mulai melakukan “perubahan besar”.  Melalui Center of Cooperation Development, Language and Career CCLC Bina Mandiri Gorontalo, putrinya ini memulai dengan perintis kerjasama internasional.

Tak sampai setahun, CCLC Bina Mandiri Gorontalo berhasil memberangkatkan mahasiswa ikut dalam program magang internasional di Taiwan. Pusat pengembangan bahasa dan karir ini, juga merintis berbagai kemitraan, termasuk IDP Pusat Pelaksana Test TOEIC, TEFL dan IELTS di Gorontalo.

Selanjutnya tahun ini (2019), sang putri sulung pun melanjutkan Pendidikan Program Doktoral S3 Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Padjajaran Bandung.

Putranya, kini sedang menyelesaikan Program Sarjana S1 Teknik Komputer di Fakultas Ilmu Komputer UMI Makassar.

Sementara putri bungsunya, saat ini sedang belajar di bangku kelas 11 MAN Model Kota Gorontalo yang kini sedang menyiapkan diri untuk persiapan pemberangkatan ke Tokyo, Jepang karena terpilih dalam Program Intercultural Youth Program to Tokyo Japan pada tanggal 21 – 26 Januari 2020.

Si putri bungsu saat ini sedang mengikuti tahapan seleksi akhir di Jakarta tanggal 21 – 26 Nopember 2019 dalam program pertukaran pelajar Indonesia – USA tahun 2020 yang akan berlangsung selama 1 Tahun.

Dalam peran kesehariannya sebagai ibu rumah tangga Dr. Titin sama halnya dengan ibu rumah tangga yang lain, kesibukannya membina dan mengurus keluarga dan terus membimbing anak-anak untuk bekal kehidupan dunia akhirat (ilmu agama dan akhlak) serta mengabdi dan mendampingi suami itu menjadi tugas utama.

Semangat untuk terus berkiprah sebagai perempuan karir dan aktivis dalam berbagai bidang organisasi, hal yang tidak mudah sehingga membutuhkan dukungan dan motivasi yang kuat dari keluarga terutama dukungan suami sebagai kepala rumah tangga.

Bersama sang suami (Dr. Ir. H. Azis Rachman, MM) yang juga sebagai Pendiri dan Pembina Yayasan Bina Mandiri Gorontalo yang sejak tahun 2003, Dr. Titin terus bahu membahu membangun perguruan tinggi tercinta.

Di tengah keterbatasanya sebagai seorang perempuan, dengan bekal beragam pengalaman pendidikan formal/informal maupun jabatan dalam organisasi, Dr. Titin Dunggio adalah perempuan tangguh.

menjadi seorang perempuan “tangguh” dan memiliki visi yang jauh kedepan, mengharuskan ia untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Dipundaknya kini sebagai Rektor UBM Gorontalo, ada harapan besar.Tidak hanya sebatas memajukan pendidikan dan mencedaskan bangsa, institusi perguruan tinggi yang dipimpin Dr. Titin Dunggio, harus mampu menjawab tantangan zaman demi mewujudkan UBM Gorontalo yang unggul, professional dan mengglobal.(rls)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.