Menjaga Indonesia

Jumlah Kasus Mulai Melandai, Tracking Kontak Pasien COVID-19 Tetap Dilakukan

HABARI.ID I Tracking kontak, masih terus dilakukan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Gorontalo, terutama pada pasien COVID-19. Ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah meluasnya perebakan virus Corona.

“Tracking kontak pasien COVID-19, masih terus kita lakukan. Tracking kontak yang kita lakukan saat ini justru sudah di atas rata-rata yang ditentukan WHO yakni 111 persen,” kata Juru Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo, dr. Triyanto Bialangi pada Talk Show Pengawasan Protokol Kesehatan yang diprakarsai Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jumat (06/11/2020).

Tracking kontak tetap dilakukan kendati semua daerah di wilayah Gorontalo sudah keluar dari zona merah dan kasus COVID-19 di Gorontalo mulai melandai.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-10, dr. Triyanto Bialangi mengatakan, hingga pekan kemarin, tracking kontak masih terus dilakukan.

“Bahkan pada dua pekan sebelumnya, ada 500 sampel swab hasil tracking yang kita terima tapi hanya 3 yang dinyatakan positif. Ini karena jumlah orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19, juga berkurang,” kata dr. Triyanto.

Meski kasus COVID-19 di Gorontalo mulai memperlihatkan tren yang melandai, dr. Triyanto tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dan menerapkan 3M.(fp/habari.id)