Menjaga Indonesia

Tol Laut Sabuk Nusantara 133 Beroperasi Desember, Rute Gorontalo – Makassar

HABARI.ID I Mulai Desember nanti, warga Gorontalo yang ingin bepergian menuju Makassar tak perlu mengoceh rupiah yang sangat besar menggunakan tranportasi udara. Ya, cukup membayar Rp. 66.400, warga sudah bisa sampai di Makassar. Ini setelah akan dioperasikannya Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 113 pada awal Desember nanti.

Sebelum beroperasi, kapal tol laut dari Kementrian Perhubungan RI itu ditinjau kesiapan operasionalnya oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan sejumlah pimpinan OPD, Rabu (25/11/2020).

Gubernur Rusli menyebut beroperasinya tol laut KM Sabuk Nusantara 113 Desember akan datang, sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat kepada warga di Sulawesi, khususnya warga Gorontalo. Tol laut menjadi penghubung orang dan barang yang menjadi salah satu program Presiden Jokowi.

“Dulu beliau sampaikan akan buat tol laut. Ada yang berpikir bikin tol di laut, tapi sesungguhnya inilah tol laut. Jadi terima kasih buat Bapak Presiden Jokowi dan pemerintah pusat…,”

“Program ini menunjukkan negara hadir. Jadi transportasi darat, laut dan udara disediakan agar perpindahan barang dan orang cepat dan murah,” sebut Rusli.

Ia berharap fasilitas publik ini dirawat dan dijaga dengan baik. Kapal memiliki fasilitas full AC dengan 285 penumpang. Rinciannya 125 tempat tidur dan 160 kursi. Kapal juga memiliki kapasitas angkut barang sebesar 400 ton.

“Pesan saya dijaga baik baik kapal ini. Kalau memang enggak bisa merokok, penumpangnya silahkan ditegur. Barang ini cukup mahal makanya perawatannya harus baik,” imbuhnya.

KM Sabuk Nusantara 113 melayani pelayaran dari Tilamuta hingga Makassar pulang pergi. Kapal berlayar dari Tilamuta (Gorontalo) – Boalemo (Sulteng) – Banggai (Sulteng) – Kolonedale (Sulteng) – Makassar (Sulsel).

Baliknya dengan rute yang sama namun sebelum bersandar di Tilamuta mampir di Pelabuhan Bumbulan, Kab. Pohuwato.(fp/habari.id).