TNI dan Rakyat ‘Manunggal’ dalam Semangat Membangun Desa

oleh

HABARI.ID I Antusias warga untuk mendukung suksesnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke 113 Kodim 1314 Gorontalo Utara begitu besar. Warga bahu membahu membantu TNI dalam pengerjaan pembangunan jalan tani yang menjadi sasaran fisik pada kegiatan TMMD tersebut.

Keinginan membantu tersebut mereka perlihatkan bukan hanya dengan memberikan bantuan fisik, tetapi juga dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu di Desa Molingkapoto, mereka tak ingin kalah untuk bisa berkontribusi terhadap pembangunan desa mereka.

Secara inisiatif para ibu-ibu datang dan memberikan berbagai makanan dan minuman kepada anggota Satgas TMMD yang sedang bekerja. Meski makanan tersebut berupa hasil bumi dari para petani setempat, berupa singkong, jagung dan olah hasil pertanian lainnya. Kebaikan itu, disambut hangat oleh para anggota TNI, warga mulai dari bapak-bapak hingga ibu-ibu membaur bersama.

Setiap jam instirahat siang, saat terik panas mentari sudah di ubun-ubun kepala. Di bawah rindang pohon para warga dan anggota TNI, sambil menikmati aneka makanan dan minuman ala kadarnya saling berbincang-bincang dan bercengkrama. Banyak pembahasan yang terjadi di antara mereka, terlebih tentang perkembangan dan kemajuan desa.

Komdan SSK, Lettu Inf Edy Sriyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga. Sebab antusias warga tersebut, kata Edy, bukan hanya membanggakan tetapi juga menjadi satu pendorong semangat TNI untuk berbuat lebih baik bagi pembangunan desa lewat kegiatan TMMD.

“Inisiatif warga ini memperlihatkan besar harapan mereka atas jalan tani tersebut, harapan itulah yang kemudian menambah semangat bagi kami..,”

“TMMD merupakan wujud TNI untuk berperan pada pembangunan, namun akan lebih baik lagi bila TNI dan warga mampu menyatu dalam hal semangat membangun bangsa, nah di situlah letak ‘Manunggalnya'”, ungkap Edy.

Tantangan Pembangunan Jalan Tani di Musim Penghujan

Musim penghujan menjadi tantangan tersendiri bagi Satgas TTMD, sebab mereka harus berpacu membuat plat duiker serta melakukan pengecoran dengan baik sebelum kawasan tersebut diguyur hujan.

Ada 3 plat duiker yang akan dibuat di sepanjang jalan tani itu. Komdan SSK, Lettu Inf Edy Sriyanto mengatakan pengecoran dilakukan dengan baik.

“Terus kita kerjakan, ada di 3 titik, kita bangun sebaik mungkin agar lebih kuat, mengingat jalan tani ini berada di samping perbuktikan, maka air hujan yang mengalir perbuktikan akan melewati jalan tani ini untuk itu penting bila kita membuat plat duiker yang lebih kokoh,” jelasnya. (Wi/Habari.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.