Menjaga Indonesia
Daerah

Tingginya Animo Masyarakat Terhadap Protkes Covid-19

HABARI.ID I Masyarakat di Kota Gorontalo sudah semakin sadar terhadap penyebaran pandemi Covid-19, hal ini dibuktikan dengan tingginya niat mereka untuk menerapkan protokol kesehatan.

Protkes seperti masker disaat beraktivitas, menjaga jarak, sering mencuci tangan sampai dengan melakukan rapid test di Dinas Kesehatan Kota Gorontalo.

Dari total stok rapid test berjumlah sekitar 3000, Kepala Bidang P2PL Dikes Kota Gorontalo, Haris Ahmadong jelaskan Senin (16/11/2020), penggunaannya sudah mencapai 90 persen.

Ini artinya kesadaran masyarakat terhadap protkes Covid-19, sangat bagus.

Demikian pula dengan bantuan stok yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo kepada Pemerintah Kota Gorontalo, penggunaannya sudah 90 persen.

“Kami setiap hari melakukan rapid test, baik di Puskesmas, tempat pelaksanaan kegiatan bahkan masyarakat setiap hari berkunjung ke dinas untuk rapid,” ujar Haris.

Dia jelaskan lagi, ada berbagai kalangan yang sering melakukan rapid test secara langsung di kantor dinas, mulai dari pelaku usaha, pengusaha, pejabat dan ASN.

“Jika kami temukan hasilnya reaktif, maka kami langsung merekomendasikan untuk dilakukan swab test dan dilakukan karantina …”

“Untuk ASN sendiri, kami menyurat kepada pimpinan OPD terkait, untuk menerapkan WFH kepada bersangkutan,” jelasnya.(bnk/habari.id).