Menjaga Indonesia

Tindak Tegas Penyebar Hoaks Covid-19 …!

HABARI.ID I Masyarakat diimbau untuk tidak menyebar hoaks (berita bohong) terkait virus Corona (Covid-19). Ini menjadi salah satu penegasan Gubernur Gorontalo, saat konferensi pers dengan media, usai melakukan peninjauan posko Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Gorontalo di aula Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (9/4/2020).

“Kalau yang tidak tahu persis, jangan informasikan yang tidak jelas, jangan bikin masyarakat panik. Saya sudah sampaikan kepada pak Kapolda, jika ada masyarakat yang sengaja menyebarkan isu hoaks terkait virus Corona di Gorontalo, akan kita tindak tegas,” kata Rusli.

Bukan tanpa alasan Rusli mengambil tindakan tegas ini. Selain karena isi dari maklumat Kapolri yang di dalamnya terkait penindakan penyebar informasi yang tidak benar atau hoaks, akhir akhir ini menurutnya sudah banyak isu yang beredar lewat media sosial, terkait covid-19 yang belum tentu benar.

Jauh lebih penting jika masyarakat mengetahui tahu akan imbauan-imbauan, perintah ataupun surat edaran dari pemerintah, terkait pencegahan Covid-19.

“Jangan asal share, kalau tidak jelas sumbernya maka sebaiknya informasi itu dihapus saja, tidak usah dibagikan. Dan juga mari hargai usaha kami …,”

“Sudah banyak langkah yang kami lakukan, kami hanya menginginkan masyarakat patuhi aturan seperti memakai masker, social distancing, jaga jarak, di rumah dulu, selalu cuci tangan, jaga kesehatan, semua sudah pasif sekali. Semua itu jauh lebih penting untuk diketahui dan dipahami, dari pada harus menyebar isu isu hoaks,” tandasnya.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur menyampaikan Pemprov Gorontalo kembali menerima 1.000 APD untuk dokter dan tenaga medis. APD yang diterima kali ini merupakan APD paket lengkap, terdiri dari pakaian, kacamata, hingga sepatu.(rls/fp/habari.id)