Tiga Tahun Tak Berfungsi, Bendungan Molalahu I Akhirnya Selesai Diperbaiki

oleh
Bupati Nelson Pomalingo (kemeja cokelat) meresmikan Bendungan Molalahu 1 yang terletak di Desa Datahu, Kecamatan Tibawa, Selasa (26/11/2019) Foto: Humas/Pemkab Gorontalo

HABARI.ID I Sempat rusak diterjang banjir pada tiga tahun silam, Bendungan Molalahu I di desa Datahu, kecamatan Tibawa, akhirnya berfungsi kembali. Dan pada Selasa (26/11/2019), pemanfaatan bendung ini diresmikan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo.

Keberadaan bendung tersebut, kata Bupati, sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan persawahan. “Sejak rusak diterjang banjir tiga tahun lalu, bendungan tersebut memang tidak berfungsi. Padahal bendungan ini dibutuhkan untuk persawahan. Karena rusak dan tidak berfungsi maksimal, berdampak pada hasil dan pendapatan para petani,” kata Bupati.

Dari perhitungannya, pendapatan pertahun para petani sawah di wilayah itu bisa mencapai 30 miliar rupiah. Angka yang cukup besar, mengingat sawah di sekitarnya mempunyai luas sekurang-kurangnya 600 hektare. Karena bendungan itu tidak optimal selama tiga tahun, maka total kerugian mencapai 90 miliar rupiah.

“Pemerintah daerah terus berupaya mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat untuk perbaikan bendungan ini. Allhamdulillah, di 2019 ini kita mendapatkan anggaran sebesar 3,2 milyar rupiah dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata Bupati Nelson dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati meminta kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat Bendungan Molalahu I ini dengan baik. Sebab jika aliran air bendungan terjaga, maka para petani akan diuntungkan.

“Maksimalkan bendungan ini. Jangan sampai malah sudah ada bendungan, rakyat tidak bisa berbuat apa-apa. Pikirkan dan maksimalkan air bendungan ini dengan benar,” pinta Nelson.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.