Tiga Pokok Penegasan Presiden RI di Musrenbangnas

oleh
Wali Kota Gorontalo Marten Taha, dan Gubenur Gorontalo Rusli Habibie, saat menghadiri Musrenbangnas 2019 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat.

HABARI.ID, JAKARTA – Ada yang menarik dari kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019, di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (09/05/2019). Kata Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Indonesia diprediksikan masuk empat besar ekonomi dunia.

Untuk mempertahankan itu, ada beberapa hal yang menjadi penekanan Presiden RI Joko Widodo, untuk mempertahankan kekuatan perekonomian negara.

“Diantaranya, seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten, Kota dan Provinsi harus memperkuat pembangunan infrastruktur yang merata, reformasi struktural untuk peningkatan daya saing, dan pembangunan sumber daya manusia,” ujar Wali Kota, mengutip sambutan Presiden RI.

Karena dengan pemerataan infrastruktur, reformasi struktural dan pembangunan SDM, selain memperkuat perekonomian masing-masing daerah, juga dapat menjadikan Pemerintah Daerah mudah menyelesaikan pesoalan yang besar.

Jika Pemerintah Daerah atau suatu negara tidak bisa menyelesaikan persoalan besar tentang perekonomian, maka akan terjebak pada middle income trap.

Maka dari itu kata Wali Kota, melalui Musrenbangnas Presiden RI telah menegaskan bahwa semua pihak harus bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.

“Seperti kata Presiden RI, penyelesaian ketiga persoalan besar tersebut merupakan prioritas utama bagi bangsa Indonesia. Presiden Joko Widodo mengajak seluruh pihak untuk tidak terjebak pada rutinitas dan terus berupaya menumbuhkan semangat perubahan,” terang Wali Kota.

Middle income trap itu, adalah suatu keadaan ketika suatu negara berhasil mencapai tingkat pendapatan menengah, tetapi tidak dapat keluar dari tingkatan tersebut untuk menjadi negara maju,” timpal Wali Kota.(4bink/Habari.Id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.