Rp 10 Miliar untuk Normalisasi Dua Sungai di Kota Gorontalo

oleh
Petugas Dinas PUPR Kota Gorontalo bersama warga tengah membersihkan genangan air dan sampah yang tersumbat di saluran drainase.(f/4bink).

HABARI.ID, KOTA – Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo, siap menggolontorkan dana Rp 10 miliar. Alokasi anggaran ini akan digunakan untuk normalisasi sungai yang ada di kota Gorontalo,┬áKali Serdadu dan sungai Tamalate yang kondisinya memprihatinkan.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Rabu (08/05/2019), mengatakan, ini adalah solusi terbaik guna mengatasi genangan air yang kerap terjadi di beberapa wilayah di Kota Gorontalo.

Bahkan kata Mantan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo ini, pembiayaan normalisasi dua sungai itu sudah dibahas dalam rapat Forkopimda, yang dipimpinnya di belum lama ini.

“Perlu dilakukan normalisasi terhadap sungai Tamalate dan kali Serdadu. Kedua sungai ini sudah tak mampu menampung debit air yang berasal dari hulu. Sementara lahan persawahan yang berfungsi sebagai resapan, sudah tak bisa lagi menyimpan air yang jumlahnya melimpah,” ujar Wali Kota.

Anggaran yang dialokasikan oleh BWSS II Gorontalo ini, kata Wali Kota, diambil dari dana Persiapan Sisah Lelang atau PSL.

Keberadaan BWSS II Gorontalo, terutama Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, melalui program normalisasi sungai, setidaknya bisa menjadi solusi, yang diharapkan dapat mengatasi masalah genangan air yang muncul ketika hujan.

Pemerintah Kota Gorontalo kini tengah mempersiapkan berbagai dokumen penting agar bisa mendapatkan anggaran tersebut.

“Dokumen administrasi pendukung, berupa potret kondisi dua sungai tersebut, kemudian surat persetujuan dari Kelurahan dan Kecamatan, termasuk surat pernyataan masyarakat yang berdomisili di sekitar sungai, serta surat pernyataan resmi dari saya sebagai pimpinan Pemerintaha Kota Gorontalo sudah disiapkan,” terang Wali Kota.(4bink/Habari.Id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.