Menjaga Indonesia

Tenaga Sudah Dilatih, Trenggalek Siap Jalani Vaksinasi

Mochamad Nur Arifin: Kita Tinggal Tunggu Jadwal Saja

HABARI.ID, TRENGGALEK I Pemerintah kabupaten Trenggalek siap melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang rencana akan dilakukan pada pertengahan Januari oleh pemerintah pusat.

Tenaga sudah dilatih untuk melakukan vaksinasi. Menjadi salah satu cara untuk memperkuat upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi anti bodi demi menangkal virus Corona ini.

Mulai tanggal 13 Januari ini, pemerintah pusat menggulirkan vaksinasi yang diikuti pemerintah provinsi pada hari-hari berikutnya.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, usai mengikuti rakor secara virtual bersama Kemendagri menyampaikan, meskipun belum mendapat jadwal dan giliran, ia menyatakan kesiapan daerahnya untuk menjalani vaksinasi.

“Untuk proses vaksinasi akan kita selenggarakan di rumah sakit, Puskesmas, dan Pustu yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek,” jelasnya di gedung Smart Center, Selasa (05/01/2020).

“Kita sudah siap. Dan di Jawa Timur sudah 100 persen terdata di BPJS Kesehatan. Sehingga nanti distribusinya terpantau melalui sistem rumah sakit yang terafiliasi dengan BPJS Kesehatan. Tenaga vaksinasi juga sudah kita latih,” terang pemimpin muda ini.

vaksinasi
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin

Soal berapa jumlah orang yang akan ikut vaksinasi pada tahap awal, Bupati menegaskan, “Kita belum dapat info jumlahnya. Yang paling utama itu, bukanlah berapa kapasitas vaksinasinya. Namun ketersediaan vaksin itu sendiri …,”

“Seperti yang saya sampaikan, keberadaan vaksin masih dalam proses pemesanan dan datangnya secara bertahap,” ucapnya.

Sambung Nur Arifin, “Sesuai arahan dari kementerian, vaksin akan kita prioritaskan kepada tenaga kesehatan, kemudian bagi pelayanan publik, dan mungkin juga bagi orang-orang yang melayani masyarakat yang rentan terpapar …,”

“Untuk para Lansia dan nanti bagi mereka yang punya komorbit lebih dari 1 akan kita dahulukan,”  tandasnya. (Sar/habari.id)