Teleconference dengan Menteri Desa-PDTT: Kabupaten Gorontalo Daerah Tercepat dalam Proses Pencairan Dana Desa

oleh
Teleconference antara Menteri Desa PDTT dengan pemerintah kabupaten Gorontalo.[foto_dwi]

HABARI.ID I Kabupaten Gorontalo menjadi daerah pertama di Indonesia sebagai Kabupaten dengan persiapan dan pencairan dana desa tercepat.

Ini terungkap disela-sela teleconference antara pemerintah kabupaten Gorontalo bersama Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Rabu (29/01/2020).

Kepala Dinas Pengembangan Desa Kabupaten Gorontalo, Nawir Tandako menjelaskan, sebagai daerah tercepat dalam pencairan, tanggung jawab dalam pengelolaan anggaran juga sangat dibutuhkan.

“Kita dianggap berprestasi. Ada 13 Desa lebih banyak dari daerah yang lain. Dan ini bukan yang pertama kali kita menjadi daerah yang tercepat,” ungkap Nawir.

Nawir menambahkan, percepatan ini berkat kesiapan percepatan prasyarat dan berbagai regulasi di tingkat pemerintah kabupaten. Dengan berbagai antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Gorontalo, molornya pencairan tak pernah terjadi.

“Tentu ini menjadi komitmen kita, mulai dari tingkat desa hingga tingkat pemerintah kabupaten Gorontalo. Dan alhamdullilah semua berjalan lancar dan tak ada masalah,” kata Nawir .

Hal senada juga disampaikan Fatma Sari Selaku Kepala Kanwil DJPB Provinsi Gorontalo. Percepatan tersebut akan sangat membantu masyarakat desa, terlebih dalam pembangunannya.

“Kita akan mengawal amanah Pemerintah ini. Ini bentuk sinergitas kita bersama,” ungkap Fatma.

Fatma juga mengapresiasi prestasi dan langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Dirinya menjelaskan Teleconference bersama Menteri merupakan suatu perhatian khusus dari Kementerian. Meski demikian, Fatma berharap setiap pemerintah desa harus menggunakan anggaran dengan baik.

“Pemerintah desa harus berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah. Agar koordinasi tetap terjalin, dan efektifitas pembangunan dapat terlaksana,” kata Fatma.

Teleconference bersama Menteri Desa PDTT, pemerintah kabupaten Gorontalo juga menerima arahan dan berbagai strategi demi peningkatan mutu pembangunan di desa-desa.(dwi/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.