Support Pengembangan IKM, Dekranasda Lakukan Kolaborasi dengan Banyak Pihak

oleh
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo Fory Armin Naway, saat menjadi nara sumber pada giat Sosialisasi Pengendalian Mutu dan Pentingnya Legalitas bagi Pelaku IKM se-Kabupaten Gorontalo yang berlangsung di Hotel Aziziah Limboto, (16/10/2019)

HABARI.ID I Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo masih fokus membangun koordinasi dan kolaborasi dengan Dinas terkait, BUMN dan TP PKK demi pengembangan industri kecil menengah (IKM).

Menurut Fory Naway yang juga ketua Dekranasda Kabupaten Gorontalo, upaya tersebut sangat penting demi mengoptimalkan potensi dan membuka lebar peluang promosi terhadap produk kerajinan IKM hingga ke tingkat nasional.

“Keberadaan IKM sangat penting dan strategis sebagai wadah bagi para pengrajin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pengrajin …”

“Karenanya, IKM juga memberikan  kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah”, jelas Fory Naway saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pengendalian Mutu dan Pentingnya Legalitas bagi Pelaku IKM se-Kabupaten Gorontalo yang berlangsung di Hotel Aziziah Limboto, Rabu (16/10/2019).

Selain mempromosikan beberapa produk Industri IKM seperti karawo, kupiah karanji, kopiah enceng gondok, Dekranasda terus berupaya membantu IKM dalam melakukan inovasi, membuka akses pasar, pemberdayaan SDM, fasilitasi permodalan, peningkatan teknologi serta penguatan kelembagaan.

Adapun program yang sedang dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten Gorontalo saat ini di antaranya, memfasilitas IKM dalam menghasilkan produk-produk kerajinan yang bermutu dan berkualitas, melakukan regenerasi SDM pengrajin yang unggul, hingga melakukan pembinaan dalam memanfaatkan teknologi.

“Tidak hanya itu, Dekranasda juga terus mempromosikan hasil produk IKM dan menyiapkan show room untuk menjual oleh-oleh khas daerah hasil dari IKM …”

“Kemudian, mendampingi IKM dalam pengurusan legalitas usaha dan pengendalian mutu produk yang dihasilkan”, kata Fory.(fp/habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.