Menjaga Indonesia

SMAN 1 Talun Blitar Masuk 6 Besar Lomba Perpustakaan Tingkat Jatim

HABARI.ID, BLITAR I Perpustakaan SMAN 1 Talun Blitar masuk nominasi 6 besar dalam lomba perpustakaan sekolah lanjutan atas tingkat Provinsi Jawa Timur.

Tak hanya memiliki perpustakaan sekolah, SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar juga melakukan hal lain yang tak dilakukan oleh sekolah lanjutan atas pada umumnya. Mereka punya perpustakaan keliling, dengan memodifikasi mobil sedan menjadi perpustakaan mini.

Terkait keberhasilan SMAN 1 Talun Blitar masuk dalam 6 besar ini, mereka divisitasi oleh tim penilai dari unsur Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur selaku pemrakarsa lomba.

“Kunjungan ini, memang dalam rangka lomba perpustakaan tingkat sekolah lanjutan atas provinsi Jatim. Keikutsertaan kita dalam lomba ini sudah dipersiapkan jauh sebelum …,”

“Mulai dari membenahi perpustakaan sekolah hingga terobosan membuat perpustakaan mini,” kata Kepala SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar, Gatot Wiyono, S.Pd, M.Pd yang ditemui usai visitasi tim, Selasa (30/06/2020).

Ide dan inisiatif membuat perpustakaan mini yang bisa keliling ini, kata Gatot, semata-mata dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan siswa dan masyarakat pada umumnya melalui koleksi buku yang disiapkan.

Lomba Perpustakaan Jatim
Suasana penyambutan tim visitasi perpustakaan Jatim saat melakukan kunjungan di SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar, Selasa (30/06/2020).[foto_istimewa]
Menyangkut masuknya perpustakaan SMAN 1 Talun Blitar dalam 6 besar lomba tingkat provinsi Jatim ini, Gatot mengatakan bahwa itu berkat kerjasama tim dalam memaksimalkan tata kelola sarana dan prasarana sekolah.

“Prestasi ini membuktikan bahwa setiap sarana prasarana yang ada di sekolah jika ditata dan dikelola dengan baik, maka bisa melahirkan prestasi. Dan tentu saja, adanya kerjasama yang baik menjadi faktor penting,” tuturnya.

Perpustakaan Keliling
SMAN 1 Talun Blitar punya terobosan; memodifikasi mobil sedan menjadi perpustakaan mini, perpustakaan keliling.
Nampak pada gambar, Kepala Biro Habari.id Blitar, M. Santoso, saat berpose dekat mobil sedan yang “disulap” jadi perpustakaan keliling.[foto_istimewa]
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar, Herman Widodo, saat ditemui mengungkapkan bahwa kegiatan pada hari ini masih serangkaian dengan lomba perpustakaan sekolah lanjutan atas tingkat Jatim.

“Kita sudah menindaklanjuti surat dari provinsi Jatim, di mana pada tahun ini mengadakan lomba perpustakan sekolah lanjutan atas tingkat provinsi Jatim. Lomba ini bertujuan untuk memotivasi perpustakaan yang ada di wilayah Jatim,” kata Herman.

Herman berharap, keberadaan perpustakaan di SMAN 1 Talun Blitar bisa terus tampil di garda tedepan dalam memberi pelayanan pendidikan yang baik kepada anak didik, dan menjadikan perpustakaan sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat umum.(tos/habari.id)