Menjaga Indonesia

Sikap Pahlawan Nani Wartabone Dalam Diri Kris

HABARI.ID I Sikap dan sifat Pahlawan Nani Wartabone sangat dikenal masyarakat Gorontalo dulu, baik melalui catatan sejarah atau kehidupan sehari-harinya. Nasionalis, Patriotis, Dermawan, lebih mengedepankan kepentingan umu daripada pribadi dan lain sebagainya.

Sikap Pahlawan Nani Wartabone itu Ia turunkan kepada anak dan cucunya, tidak terkecuali adalah Kris Wartabone juga Aleg DPRD Provinsi Gorontalo.

Sikap dermawaan dan kerendahan hati Pahlawan Nani Wartabone terlihat dalam diri Kris Wartabone, saat Ia ditawari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, untuk menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Patriotik 23 Januari Sabtu (23/01/2021) di Rumah Jabatan Gubernur.

Kedermawanan dan kerendahan hati sosok Nani Wartabone diakui Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, ada pada dalam diri Kris Wartabone. Karena terlihat dari cara Ia bertutur kata, kalima dan bersikap dengan orang lain.

“Saya sudah delapan kali menjadi inspektur upacara khususnya pada peringatan Hari Patriotik 23 Januari. Saya bangga dan sangat menghargai sikap Pak Kris Wartabone, saat ditawari sebagai inspektur upacara ..,”

“Bukan terkait saya sebagai Gubernur Gorontalo, dan beliau Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo juga cucu seorang Pahlawan. Tetapi sikap pahlawan Nani Wartabone yang turun dalam diri beliau, patut diteladani ..,”

“Dan menurut saya, itulah sikap kerendahan hati pahlawan Nani Wartabone, yang terlihat dari dalam diri cucuny,” jelas Gubernur Gorontalo Dua Periode ini.

Sementara itu Kris Wartabone katakan, memang Ia akui bahwa jabatan Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo melekat pada dirinya, sebagai pejabat negara.

Dan cucu seorang Pahlawan Nasional Nani Wartabone, yang terbilang sangat dekat dengan masyarakat. Tetapi untuk menjadi seorang inspektur upacara pada momen saklar, bukan perkara mudah.

Tidak hanya sebatas berdiri menyampaikan sambutan, memberi penghormatan dan seremonial lainnya. Namun ada tanggungjawab besar pada punda dan jiwa seorang inspektur upacara, yakni kepada daerah, bangsa dan rakyat.

“Biarlah Pak Gubernur Gorontalo yang jadi inspektur upacara,” ucap Kris.

Pada sela kegiatan itu cucu Pahlawan Nani Wartabone ini berharap masyarakat Gorontalo bisa meneladani seorang Nani Wartabone, dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap masyarakat bisa meneladani sikap Pahlawan Nani Wartabone. Kedepannya saya juga berharap Gorontalo bisa melahirkan sosok pemimpin seperti Nani Wartabone,” pungkasnya.(dik/habari.id).