Menjaga Indonesia

Saat Kadis dan Camat Gotong Royong Bersihkan Lumpur

HABARI.ID I “Jadi Ibu plt Kadis PUPR yang angkut lumpur dengan gerobak kecil, saya yang masukan lumpur ke gerobak memakai sekop pasir,” ucap Camat Dumbo Raya Sumaryadi Tone, sembari tertawa saat dihubungi melalui selular Minggu (12/07/2020).

Ceritanya begini kata Sumaryadi, Minggu pagi sudah dijadwalkan jajaran OPD Kota Gorontalo yang dipimpin Sekretaris Daerah, untuk membersihkan kawasan terdampak banjir dari lumpur.

Semua alat berat milik Dinas PUPR Kota Gorontalo sejak beberapa hari sebelumnya, telah membersihkan semua kawasan terdampat banjir dari lumpur.

Dalam aktivitas itu bukan hanya alat berat saja yang bekerja, tetapi semua OPD yang terlibat andil di dalam kegiatan tersebut.

Nah di tengah membersihkan kawasan terdampak banjir ini, ada satu titik yang masih menyisahkan lumpur begitu tebal dan menarik perhatian semua pejabat untuk membersihkannya.

Jajaran pejabat Kota Gorontalo, saat istirahat sejenak usai membersihkan lumpur di kawasan terdampak banjir.

“Ah.. seberapa tebal itu lumpur sampai tidak bisa dibersihkan, ayo kita bersihkan dulu, baru pindah lokasi lain. Semua pejabat memegang alat ..”

“Mulai dari Sekda, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Gorontalo sampai Plt Kadis PUPR termasuk saya …”

“Sudah tenang, Ibu plt Kadis PUPR yang angkut lumpurnya dengan gerobak, nanti saya yang angkat lumpurnya dengan sekop pasir ini ke gerobaknya ibu,” cerita Sumaryadi kepada habari.id.

Kegigihan aparat Pemerintah Kota Gorontalo untuk memulihkan semua kawasan terdampak bencana banjir, patut diacungi jempol.

Sepenggal cerita tersebut, menjadi bukti nyata peran serta Pemerintah Daerah dalam menangani bencana dan pasca bencana.

Bahkan plt Kepala Dinas PUPR Kota Gorontalo Meidy N. Silangen jelaskan, instansinya sudah menargetkan Senin (13/07/2020) besok semua kawasan sudah bersih dari lumpur.

“Ini bukan cerita belaka lagi, tetapi sudah kami targetkan untuk semua kawasan terdampak banjir Senin besok, sudah bersih dari lumpur …”

“Dan jauh sebelumnya penanganan pasca banjir ini telah kami lakukan secara sinergi, baik itu dengan TNI/Polri juga Tagana,” jelas Novie.(bink/habari.id).