Menjaga Indonesia

Ramadan Sudah Dekat, Cegah Covid 19 Shalat Tarawih Laksanakan di Rumah

HABARI.ID I Bulan Sucih Ramadan 1441 H sudah dekat, demi mencegah penyebaran pandemi Covid 19, Pemerintah Kota Gorontalo akan menerbitkan Surat Edaran, tentang pelaksanaan kegiatan keagamaan yang dipusatkan di rumah masing-masing. Salah satunya shalat tarawih, buka puasa bersama dan kegiatan lainnya.

Imbauan shalat tarawih di Bulan Ramadan laksanakan di rumah ini, Kamis (16/04/20) Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelaskan, berdasarkan Surat Edaran Kemenag RI Nomor 6 tahun 2020.

Tentang panduan ibadah ramadan dan idul fitri 1 syawal 1441 H, di tengah pandemi wabah Covid 19. Dimana dalam panduan ini, terdapat 15 point penting.

“Surat Edaran dari Pemerintah Kota Gorontalo terkait dengan tindak lanjut atas SE nomor 6 tahun 2020 Kemenag RI, akan kami terbitkan setelah Pemerintah Provinsi Gorontalo, menerbitkan SE tentang pemberlakukan PSBB,” ujar Marten.

Selain itu di Kota Gorontalo sendiri tambah Marten, merencanakan akan meniadakan kegiatan menyertai puasa yang terpusat di satu titik.

Diantaranya penetapan satu ramadan, yang biasanya dipusatkan di Rumah Jabatan Wali Kota Gorontalo. Kemudian, kuliah ba’da subuh, buka puasa bersama dengan kaum duafa dan anak panti asuhan.

“Untuk kegiatan kuliah ba’da subuh, akan kami gelar secara online dengan menyiapkan sebanyak 500 channel oleh panitia, yang bisa diakses masyarakat. Sedangkan penyambutan satu ramadan, tidak lagi di pusatkan di Rumah Jabat Wali Kota Gorontalo,” terang Marten.

“Demikian pula dengan pelaksanaan buka puasa bersama, antara Pemerintah Kota Gorontalo dengan kaum duafa dan anak panti asuhan. Tidak lagi digelar di Rujab Wali Kota, tetapi makanan buka puasa mereka, akan diantar di tempat mereka masing-masing,” timpal Marten.(adv/4bink/habari.id).