Menjaga Indonesia

Program Silarasi-WA Ipilo Cegah Penyebaran Pandemi Covid-19

HABARI.ID I Pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini masih melanda Kota Gorontalo, tidak membuat aparat kelurahan untuk berhenti dalam berinovasi.

Menariknya, inovasi yang dilahirkan aparat kelurahan tersebut bisa memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah pemerintahan mereka.

Seperti di Kelurahan Ipilo, sukses dengan program inovasinya bernama Silarasi-WA. Sebuah program inovasi baru yang mempermudah bagi masyarakat, untuk melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

Lurah Ipilo, Arifin Gawa jelaskan, Silarasi-WA ini kependekan dari Sistem layanan administrasi melalui Whatsap. Program inovasi baru ini sangat sederhana karena kelurahan yang menyediakan satu unit smart phone, yang sudah ada kontak pelayanan untuk melayani masyarakat.

“Ada satu unit android kami siapkan yang sudah ada nomor kontak layanan, yakni 0821 9149 3688 yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat di Kelurahan Ipilo ..,”

“Program ini sangat mempermudah masyarakat, salah satunya mengurus berbagai dokumen kependudukan mulai dari Kartu Keluraga, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Identitas Anak ..,”

“Caranya, masyarakat hanya mengirimkan dokumen apa yang mereka akan urus, dengan mengirimkan data diri melalui nomor layanan tadi ..,”

“Dan mereka tidak perlu datang lagi baik di Kantor Kelurahan atau Kantor Dukcapil Kota Gorontalo,” ujarnya.

Ia jelaskan lagi, kenapa masyarakat tidak perlu lagi ke Kantor Kelurahan dan Kantor Dukcapil Kota Gorontalo. Karena setelah petugas menerima permohonan pengurusan dokumen kependudukan dari masyarakat, petugas kelurahan langsung melakukan pengisian data dan setelah itu mengirimnya ke Kantor Dukcapil secara online.

“Setelah proses itu berjalan, dokumen dalam bentuk file Pdf diterima petugas kelurahan dari pelayanan Dukcapil Kota Gorontalo ..,”

“Nah, kemudian file Pdf tersebut petugas kirim kepada nomor kontak warga yang melakukan permohonan. Satu lagi, dengan program ini tidak menciptakan kerumunan warga di Kantor Kelurahan Ipilo,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki android pun tidak perlu khawatir dan cemas kata Arifi, karena akan diberikan pelayanan yang sama.

“Bagi warga yang tidak memiliki hp android, tetap kami berikan pelayanan yang sama. Yakni mereka mengantar berkas di kantor, dan kami pun melayani mereka seperti yang lain. Dan perlu dicatat, pelayanan ini tidak membutuhkan waktu lama,” terangnya.

Tidak hanya itu tambah Arifin, kontak layanan Silarasi-WA juga melayani informasi masyarakat seperti laporan penumpukan sampah, yang ada di sekitar tepat tinggal warga.

“Kami juga menggunakan layanan ini untuk informasi dari masyarakat, misal terkait sampah. Dan untuk layanan pembuatan KTP sendiri, untuk administrasinya kami layanani, hanya saja pencetakan KTP nya itu di Kantor Dukcapil Kota Gorontalo,” pungkasnya.(bnk/habari.id).