Menjaga Indonesia

Program KKN Hingga Skim Khusus Penelitian, Jadi Langkah Awal UNG Kembangkan Kawasan Teluk Tomini

HABARI.ID I Mendukung pengembangan kawasan Teluk Tomini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, UNG telah menyiapkan berbagai instrument, termasuk menjadikan implementasi program Tridharma Perguruan Tinggi, semisal program KKN sebagai langkah awal.

“Salah satu langkah yang akan kita lakukan adalah menempatkan Mahasiswa program KKN untuk beberapa Desa di Teluk Tomini …,”

“Yang pelaksanaannya terintegrasi dengan tujuan program pengembangan Teluk Tomini,” ungkap Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T,.

Selain penempatan mahasiswa program KKN pengembangan kawasan Teluk Tomini, UNG juga akan mewujudkannya melalui penerapan pola Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB).

Serta program Kampus Mengajar dengan menjadikan Teluk Tomini sebagai titik sentral.

“Bahkan untuk penelitian tahun ini, UNG telah membuka skim khusus terkait penelitian yang mengadopsi tipologi Desa di Teluk Tomini. Sehingga dapat menghasilkan model pengembangan kapasitas Desa,” kata Rektor.

Saat ini UNG telah menghasilkan beberapa model pengembangan kapasitas Desa. Di antaranya model Desa Tangguh Covid-19, model Desa Pancasila, model Desa Wisata.

“Ke depan akan kita kembangkan program lainnya yang dapat memperkuat terwujudnya kawasan Teluk Tomini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Berbasis Perdesaan,” jelas Rektor. (rls/fp/habari.id)