Menjaga Indonesia

Pelataran LPPM UNG ‘Disulap’ Jadi Tempat Budidaya Ikan

HABARI.ID I Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Satuan Tugas (KKN Satgas) Kampus, mengaplikasikan pengetahuan dan kreatifitasnya dengan ‘menyulap’ pelataran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menjadi tempat budidaya ikan.

Budidaya ikan tersebut dilakukan dengan aplikasi budidaya ikan integratif dengan sistem akuaponik, diresmikan langsung oleh Rektor UNG Dr. H. Eduart Wolok, S.T, M.T, yang ditandai dengan pelepasan bibit ikan pada kolam ikan akuaponik, Senin (26/10/2020).

Anwar selaku coordinator Satgas menjelaskan, aplikasi budidaya ikan integratif dengan sistem akuaponik merupakan program inti dari tim KKS Satgas yang dirancang bersama Dosen Pembimbing Lapangan.

“Dalam program inti ini kami membuat kolam akuaponik dengan menggabungkan dua metode yakni, aquakultur dan hidroponik dimana kedua metode ini menggunakan air sebagai daya utama,” ujarnya.

Melalui aplikasi budidaya ikan integratif dengan sistem akuaponik kata Anwar, Mahasiswa KKN Satgas ingin memberikan sumbangsih dalam solusi pemanfaatan pelataran LPPM UNG agar lebih produktif.

Rektor UNG Dr. H. Eduart Wolok, S.T, M.T, mengapresiasi kreatifitas mahasiswa yang berhasil ‘menyulap’ pelataran LPPM, menjadi tempat budidaya ikan integratif dengan sistem akuaponik melalui program KKN.

Menurut Rektor, program KKN kedepan akan lebih diatur bagaimana sinergitasnya pengabdiannya, bantu kontribusinya seperti apa serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.