Menjaga Indonesia

Peran Kader Kesehatan Dibutuhkan di Fase New Normal, Dinkes Kabupaten Blitar Gelar Giat Peningkatan Kapasitas

HABARI.ID, BLITAR I Tak hanya berperan aktif dalam penyelenggaraan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Kader Kesehatan juga punya peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, disamping turut proaktif meningkatkan derajat kesehatan Ibu dan anak.

Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan fase new normal, peran Kader Kesehatan jelas sangat dibutuhkan.

“Sehingganya, penting bagi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar untuk menggelar seminar peningkatan kapasitas Kader Kesehatan semacam ini …,”

“Mereka akan dibutuhkan masyarakat,” kata Bupati Kabupaten Blitar, Drs. H. Rijanto, saat menghadiri kegiatan Seminar Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19, Kamis (02/07/2020).

Menurut Bupati, apa yang dilakukan pemerintah kabupaten Blitar saat ini, juga erat kaitannya dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mencegah serta memutus perebakan Covid-19.

Program Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib dan Rukun) kian masif di wilayah Jawa Timur, tidak terkecuali di Kabupaten Blitar. Pemerintah Kabupaten Blitar bersama kepolisian, telah mencanangkan Tangguh Semeru di banyak sektor.

Peran Kader Kesehatan (paling tidak) akan sangat dibutuhkan dalam menjabarkan target yang hendak dicapai dari program Tangguh Semeru, termasuk membantu dalam turut membudayakan kepatuhan dan ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Dan masih tetap pada tugasnya. Kader Posyandu ini juga harus mampu mewujudkan Posyandu yang Tangguh dalam menghadapi new normal,” kata Bupati.

Bagi Bupati, apa yang dilakukan Kader Posyandu, adalah sesuatu yang mulia. “Mereka telah membantu pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan, termasuk membantu Ibu Hamil dan memantau tumbuh kembang anak,” kata Drs. Rijanto, MM.(tos/habari.id)