Menjaga Indonesia

Pentingnya Sertifikasi Insinyur Profesional

HABARI.ID I Sertifikasi insinyur profesional sangat penting bagi lulusan STITEK, begitu kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba Sabtu (24/10/2020), pada kegiatan kuliah pakar di STITEK Bina Taruna Gorontalo.

Sertifikasi profesi tersebut dipandang penting, karena menjadi bukti atau pengakuan bahwa seseorang memiliki kompetensi dari ilmu dan bidang yang digelutinya.

“Tidak semua sarjana memiliki kompetensi dan kualitas. Artinya, ijazah tidak cukup untuk dijadikan modal seorang alumni mahasiswa, jika tidak dilengkapi dengan sertifikasi kompetensi ilmu yang dimiliki,” ujar Sekda.

Sebagai Ketua Persatuan Insinyur Indonesia atau PII Provinsi Gorontalo, dirinya bertekad menjadikan seluruh insinyur di Gorontalo memiliki daya saing.

“Sebagai permulaannya, PII akan menggandeng seluruh perguruan tinggi di Gorontalo untuk bekerjasama, dalam rangka menjadika seluruh insinyur di Gorontalo berkompeten dan memiliki sertifikasi,” terangnya.

Kaitannya dengan kuliah pakar yang dibukanya tersebut, dipandang sangat luar biasa karena menjadi suatu kolaborasi ilmu yang memiliki misi yang sama, antara akademisi dengan PII

“Kuliah hari ini luar biasa, kolaborasi antara STITEK Bina Taruna dengan PII. Ini sejalan denga misi PII itu sendiri. Kami harapkan bahwa melalui kesempatan ini bisa mencetak insinyur yang mempunyai kompotensi,” tutur Darda.

Sementara itu, Ketua STITEK Bina Taruna Gorontalo, Azis Rahman mengatakan, perguruan tinggi yang dipimpinnya tersebut menargetkan di tahun akan datang, semua jebolan perguruan tinggi tersebut sudah tersertifikasi kompetensi.

“Ini bukan hanya menjadi sebuah dorongan bagi kami, tetapi wajib untuk merealisasikannya …”

“Sebab, apa yang menjadi misi perguruan tinggi dan PII, sangat penting bagi masa depan geerasi muda kedepan,” pungkasnya.(bink/habari.id).