Pemkot Mojokerto Sukses Gelar Kirab Mojobangkit 2022

oleh

HABARI.ID, MOJOKERTO | Kirab Budaya Mojo Bangkit 2022 sukses menyedot perhatian ribuan warga Kota Mojokerto dan sekitarnya memadati sepanjang rute kirab mulai dari Jl. Surodinawan hingga Jl. Hayam Wuruk. Sabtu (25/6).

Sebanyak 700 peserta kirab menampilkan kilas balik era kebangkitan Kota Mojokerto, mulai dari era Majapahitan, era Kadipaten Japan, hingga era penjajahan dan Perjuangan Kemerdekaan.

Wali kota Ika Puspitasari mengatakan, Kirab Budaya Mojo Bangkit yang digelar Pemkot Mojokerto dalam rangka Hari Jadi Kota ke-104 ini tidak hanya menyuguhkan hiburan, namun juga sarat akan literasi sejarah Mojopahit.

“Semoga melalui Kirab Budaya Mojo Bangkit seluruh masyarakat Kota Mojokerto merasa terhibur sekaligus bisa mendapatkan pembelajaran terkait sejarah leluhur kita Mojopahit,” ujarnya saat membuka kirab budaya.

Lebih lanjut melalui event tahunan ini, wali kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut ingin memulihkan kembali kejayaan Mojopahit di Kota Mojokerto.

“Semoga Allah memudahkan seluruh ikhtiar kita untuk memulihkan kembali kejayaan Mojopahit, Bumi Mojopahit di Kota Mojokerto yang kita cintai,” imbuhnya.

Sebelum kirab dimulai, sejumlah Forkopimda beserta tamu undangan yang hadir disuguhi sejumlah hiburan tradisional, diantaranya tari sekar mojo, tari arya wiratama, fragmen tari tribuana tungga dewi (dyah kertawardhana, dan gajah mada, prajurit melati putih), serta flashmob remo juga.

Kirab Budaya Mojo Bangkit juga turut dimeriahkan penampilan barongsai, bantengan, reog ponorogo, hingga gunungan serabi dan onde-onde.

Tidak hanya ribuan warga yang antusias menonton langsung, ratusan pedagang asongan pun turut ambil kesempatan menjual minuman, camilan, hingga mainan anak- anak di sepanjang rute kirab dari Jl. Surodinawan, Jl. Tribuana Tungga Dewi, Jl. Brawijaya, hingga Jl. Hayam Wuruk depan Rumah Rakyat Kota Mojokerto. (Cha/Habari.id)

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.