Menjaga Indonesia

Perkuat Pengembangan SDM, Pemkab Tulungagung Teken MoU dengan ITS

HABARI.ID, TULUNGAGUNG I Penandatangan Kesepakatan (MOU) Pemerintah Kabupaten Tulungagung dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, digelar secara virtual di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (24/09/2020).

Penandatanganan MoU terkait kerjasama di Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pembangunan Kabupaten Tulungagung ini, dilakukan langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, MM, dan Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari MEng.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa setelah penandatangan kesepakatan bersama ini, sudah ada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tulungagung yang akan melakukan kerjasama dengan ITS.

“Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dengan Direktorat Kerjasama dan Pengembangan Usaha  (DKPU) ITS Surabaya yaitu Pembuatan data Indeks Pembangunan Masyarakat (IPMas) Kabupaten Tulungagung Tahun 2020,” kata Bupati.

Data IPM yang dimaksud merupakan salah satu Indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tahun 2018 – 2023, yang merupakan Program Wajib daerah untuk penyusunan data tersebut.

Bupati Tulungagung berharap kepada seluruh Organisasi Kepala Daerah Tulungagung, untuk melakukan kerja sama dengan ITS Surabaya.

“Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Tulungagung dapat bekerja sama dengan ITS. Khususnya yang termasuk dalam ruang lingkup kerja sama ini, meliputi pengkajian kebijakan dan hukum, pengkajian dan penerapan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas SDM, pengkajian …,”

“Dan penerapan teknologi rancang bangun dan rekayasa, pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material, pengembangan manajemen, perencanaan, pengelolaan keuangan dan aset daerah, bidang-bidang lain yang dianggap perlu untuk dikerjasamakan,” harap Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.(fal/habari.id)