Pemkab Pohuwato Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Ke-116

oleh
banner 468x60

HABARI.ID – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar apel Korpri yang dirangkaikan dengan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang berlangsung di halaman kantor sementara bupati dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Sekda Iskandar Datau, perwakilan Forkopimda Pohuwato, para asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemda Pohuwato, Senin, (20/05/2024).

Saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, Bupati Saipul menyampaikan, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

banner 468x60

Selanjutnya, apa yang telah dirintis Boedi Oetomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan.
Sebelum Boedi Oetomo, adalah Kartini, perempuan dari kota kecil Jepara yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar ke penjuru dunia. Dialah yang menggodok aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia untuk pertama kali muncul sejak lebih dari seabad lalu.

“Apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri. Ia telah memberikan inspirasi penting bagi sumbu-sumbu kecil, yakni para kaum muda “embrio bangsa”, yang perlahan menjadi nyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”. Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan. Dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir. Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru,” pungkas Bupati Saipul. (Mg/habari.id)

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60