Pemda Gorut Siap Awasi Ketat Kawasan Benteng Kota Mas

oleh
pemda
Penelitian di Benteng Kota Mas, Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, oleh Tim Balai Arkeologi Sulawesi Utara.(f/Rosyid A. Azhar).

HABARI.ID I Kawasan pelaksanaan riset oleh Balai Arkeologi Sulawesi Utara di Benteng Kota Mas, Kecamatan Kwandang siap dijaga ketat oleh Pemda Kabupate Gorontalo Utara setelah ditemukan dua keping koin Gulden (Mata Uang Belanda).

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin tegaskan Rabu (07/07/2021), kawasan tersebut akan dipagari dan tidak mengizinkan masyarakat sembarangan masuk di area itu.

“Kawasan itu jangan ada yang mengklaim, itu nanti kita pagari kawasan itu, jangan sampai warga sembarang menggunakan lahan itu,” tegasnya.

Bupati Gorontalo Utara Dua Periode ini jelaskan, kawasan cagar budaya itu setelah dilakukan riset oleh Tim Balai Arkeologi Sulawesi Utara, banyak menemukan sejumlah barang penilanggalan Belanda dulu.

“Penelitian oleh Arkeolog ini memberikan gambaran terang, tentang sejarah masa lalu dari situs-situs sejarah di Kabupaten Gorontalo Utara,” ungkapnya.

Ketua Tim Peneliti Balai Arkeologi Sulawesi Utara, Irna Saptaningrum menjelaskan, peneltian kurang lebih 18 hari itu memfokuskan penggalian pada sumur tua yang mereka temukan di dalam benteng.

“Gulden itu tertulis tahun 1840, selain itu juga kita menemukan kramik kuno disana usianya sekitar abad 14,” ungkap Irna.(wi/habari.id).

Baca berita kami lainnya di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.