Menjaga Indonesia

Pantau Kondisi Wilayah, Rusli Ronda Malam

HABARI.ID I Seluruh kebijakan tentang penanganan Covid-19, ada di pundaknya. Tanggung jawab besar yang diembannya, mengharuskan Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, tahu akan setiap kondisi wilayah dan masyarakat.

Sepanjang hari hingga malam, seperti tak ada yang dipikirkannya selain berpikir untuk kepentingan orang banyak, termasuk memikirkan bagaimana agar orang-orang terhindar dari penularan virus Corona.

Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, memanifestasikan tanggung jawab itu melalui beberapa agenda  yang “tak biasa”. Sungguh agenda yang tak dilakukan oleh kebanyakan pejabat.

Hanya ditemani seorang Ajudan, Rusli keliling mendatangi sejumlah Posko di wilayah Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo. Ronda malam.

Agenda tak resmi yang dilakukannya tengah malam, Sekitar pukul 00.30 WITA, Selasa (05/05/2020) ini, adalah untuk memantau pergerakan masyarakat di jalan-jalan utama pasca diberlakukannya PSBB di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Semua yang ditemuinya adalah aparat kepolisian yang sedang menjalankan tugas pengamanan di masing-masing wilayah.

Di malam pertama penerapan PSBB, situasi relatif aman. Tak ada kejadian-kejadian menonjol, tak ada pula kendaraan yang lalu lalang.

“Tidak seperti malam-malam sebelumnya, yang masih banyak kendaraan yang lewat. Malam ini hanya beberapa saja yang melintas,” kata salah satu petugas di Posko Kabila, Bone Bolango.

Soal penerapan PSBB di Gorontalo, memang masih pada fase sosialisasi. 3 hari waktu yang disepakati untuk mensosialisasikan pembatasan sosial ini kepada seluruh masyarakat.***